Agama Dan Pemberantasan Kemiskinan (4)

Man-Made Disasters Dan Mismanagement

SHAMSI ALI

RMco.id  Rakyat Merdeka - Faktor kedua penyebab kemiskian adalah, berbagai kerusakan yang diciptakan oleh manusia (man-made disasters).

Selain kerusakan lingkungan karena manipulasi alam akibat kerakusan manusia, juga ragam kerusakan buatan manusia (man made disasters) menjadi penyebab tumbuhnya kemiskinan global.

Berita Terkait : Mayoritas Orang Miskin Adalah Pekerja Keras

Sejak dimulainya perang Afghanistan misalnya oleh HW Bush pada 2001 lalu, Amerika telah menghabiskan puluhan trilyun USD. Ini mengakibatkan krisis perekonomian yang kronis.

Baik pada level nasional maupun secara global. Bayangkan kalau saja uang sebanyak itu untuk membangun sekolah, modal bagi rakyat kecil untuk memulai usaha, rumah sakit atau klinik, dan seterusnya.

Berita Terkait : Manusia Makin Rakus, Kasih Sayang Jadi Minim Bahkan Hilang

Barangkali untuk sebuah negara Aghanistan terlalu kecil untuk disulap menjadi negara kaya raya dengan modal sebesar itu. Tapi jumlah kerugian di atas itu hanya di pihak Amerika.

Bagaimana dengan Afghanistan yang memang telah terlibat dalam peperangan berkepanjangan? Sekolah-sekolah, rumah-rumah sakit, pasar-pasar, bahkan rumah-rumah dan perkebunan warga luluh lantah karena peperangan.

Berita Terkait : Sudut Pandang Islam

Akibat peperangan-peperangan itu, ribuan, bahkan jutaan manusia harus mengungsi ke pengungsian-pengungsian yang sangat memprihatinkan. Tanpa jaminan makanan (food) minuman (clean water) dan penginapan (shelter).

Keadaan ini menjadi faktor besar dalam menumbuhsuburkan kemiskinan di berbagai belahan dunia. Ditambah lagi dengan meningginya sentimen “new konservatisme” Barat yang menolak kehadiran para pengungsi itu.
 Selanjutnya