Trend Islam di AS (42)

Mengenal Ormas Islam di AS: Muslim Public Affairs Council (MPAC)

Nasaruddin Umar

RMco.id  Rakyat Merdeka - The Muslim Public Affairs Council (MPAC) sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1988 di Washington DC. Organisasi ini didirikan untuk memberikan pemahaman Islam inklusif, moderat, dan sekaligus memperkenalkan umat Islam dengan dunia pluralisme di AS.

Banyak imigran muslim seperti stres berada di AS karena nilai-nilai di daerah asalnya sangat berbeda dengan nilai-nilai yang hidup di AS. MPAC hadir sebagai beriging atau jembatan peradaban Islam dan AS.

Berita Terkait : Mengenal Ormas Islam Di AS: The Muslim Student Association (MSA)

Tidak heran kalau MPAC sering mendapatkan pujian dan penghargaan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah AS atas jasanya memperkuat hubungan antara komunitas muslim dengan komunitas masyarakat yang pluralis.

MPAC bukan hanya di Washington DC, tetapi dapat ditemukan di beberapa negara bagian, termasuk di Los Angeles (LA). MPAC berhasil mempromosikan nilai-nilai universal Islam yang bersesuaian dengan nilai-nilai dasar AS.

Berita Terkait : Mengenal Ormas Islam Di AS: The Free Muslims Coalition (FMC)

Di LA, MPAC melakukan banyak terobosan karena berhasil memasuki institusi strategis pemerintah dan pusat-pusat kekuatan masyarakat, hingga dipercaya menjadi semacam konsultan di dalam dunia perfilman dan pertelivisian di LA.

Produk-produk apapun yang akan diluncurkan ke dalam masyarakat terlebih dahulu dikonsultasikan kepada lembaga ini untuk direkomendasi. Mereka tidak ingin produk-pruduk seni berhadap-hadapan dengan nilai-nilai moral keagamaan yang justru akan menimbulkan masalah.

Berita Terkait : Mengenal Ormas Islam Di AS: American Muslim Women (AMW)

Sesuai dengan visinya: Amerika diperkaya dengan kontribusi utama warga muslim AS (America is enriched by the vital contributions of American Muslims), MPAC menyerukan persepahaman antara berbagai pihak dengan nilai-nilai Islam dan warga muslim di AS.


Nilai-nilai Islam sama dengan nilai-nilai utama yang dipromosikan di AS, yaitu kasih sayang (mercy), keadilan (justice), perdamaian (peace), martabat kemanusiaan (human dignity), kemerdekaan (freedom), dan keadilan antar sesama (equality for all).
 Selanjutnya