Senjata & Kompleks Khusus KPK, Setuju?

Fahri Hamzah : Saya Tak Setuju, KPK Makin Eksklusif Saja

Senjata & Kompleks Khusus KPK, Setuju? Fahri Hamzah : Saya Tak Setuju, KPK Makin Eksklusif Saja
Klik untuk perbesar

 Sebelumnya 
Artinya Anda setuju jika pengamanan diperkuat dengan cara itu?
Saya tidak setuju, jika KPK itu dibuat semakin eksklusif. Sebab itu membuat dia semakin sulit, menjalankan tugas koordinasi, supervisi, dan monitoringnya. Terlalu eksklusif akan menyebabkan dia sulit untuk melakukan semua itu seperti yang terjadi sekarang ini. Jadi lebih baik, KPK berorientasi kepada penguatan semua lembaga, dari pada diri sendiri.

Kenapa Anda tidak setuju?
Karena semua aparat penegak hukum juga kena teror, bukan cuma KPK saja. Seperti saya katakan tadi, semua aparat penegak hukum punya resiko dalam bekerja. 

Baca Juga : Bank Mandiri Tunjuk Rully Setiawan Jadi Corsec

Karena itu seluruh penegak hukum harus waspada, karena pekerjaan mereka memang pekerjaan yang berbahaya. Jadi tidak hanya KPK, semua jenis penegakan hukum itu orang-orangnya harus selalu waspada.

Tapi kalau keamanannya diperketat bukankah lebih baik?
Memang lebih baik, tapi caranya harus dengandenganberkoordinasi antar lembaga, yang menyebabkan semua lembaga itu saling memperkuat demi untuk menjaga keamanan dan keselamatan masing-masing. Jadi lebih baik, KPK berorientasi kepada penguatan semua lembaga, dari pada diri sendiri.

Baca Juga : Pertamina Gelar Pendampingan dan Pelatihan Manajemen Keuangan Pada Warga Tuban

Teror seperti ini kan bukan yang pertama kali, dan mungkin akan terjadi lagi. Apa saran dari Anda supaya hal ini tidak terus terulang?
Saran dari saya ya itu tadi, semua jenis penegakan hukum itu orang-orangnya harus selalu waspada. Dan kewaspadaan itu dibangun dengan cara berkoordinasi antar lembaga. 
Hanya dengan cara itu lah yang menyebabkan semua lembaga itu saling memperkuat, demi untuk menjaga keamanan dan keselamatan masing-masing. [NDA]