Soal Proyek Stadion BMW

ANIES BASWEDAN, Gubernur DKI: Kesulitannya Tinggal Nunggu Persetujuan

Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Nasib pembangunan Stadion BMW hingga kini masih belum jelas. Proyek stadion yang bakal menjadi kebanggaan The Jak Mania- supertor club sepakbola Persija Jakarta, yang digagas di era Gubernur DKI Jakarta Basuki, Tjahja Purnama, di era Gubernur Anies digantung oleh DPRD DKI Jakarta.


Pemprov dan DPRD DKI Jakarta berselisih paham soal siapa yang akan diserahi pengerjaan proyek sekaligus pengelolaan stadion tersebut. Pemprov keukeuh menyerahkan proyek stadion yang berlokasi di Jakarta Utara ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (PT Jakpro). Sebaliknya DPRD kepengin proyek itu nantinya dikerjakan dan dikelola oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam hal ini Dispora (dinas pemuda dan olahraga).

Baca Juga : Pertamina Pimpin Penyerahan 2.500 Paket Makanan Siap Saji bagi Korban Banjir Konawe

Kedua belah pihak punya alasan sendiri-sendiri dan hingga kini belum bisa menemukan titik temu. Alhasil proyek itu stagnan di pembahasan awal. Banyak kalangan menilai, ketidakompakkan pemprov dan DPRD adalah residu dari pertempuran sengit pilkada lalu, yang hingga kini belum terhapus.


Kalau kondisi realitasnya seperti itu tentu yang menjadi korban adalah masyarakat Jakarta khususnya The Jak Mania. Persija akan selalu dicibir memalukan. Masa klub sepakbola ibukota negara tak punya stadion, kalah dengan Persela Lamongan. Klub yang cuma dibiayai sekelas kabupaten Lamongan saja punya stadion kebanggaan sendiri. Stadion Surajaya namanya. Kalau seperti ini Persija berpotensi jadi korban perseteruan politik.

Baca Juga : Muhadjir Pelototin Praktik Jual-Beli Bangku Sekolah

Gubernur Anies Baswedan terus berupaya agar keputusannya yang ingin menyerahkan proyek pembangunan sekaligus pengelolaan stadion BMW kepada Jakpro bisa diterima oleh DPRD. Landasan berpikir Anies ingin menyerahkan proyek stadion itu kepada Jakpro cukup sederhana. Dia melihat kesuksesan Jakpro membangun veldroom dan menginginkan nantinya stadion BMW bisa menjadi salah satu pemasukan bagi Pemprov. Berikut penjelasan Gubernur Anies Baswedan.

Bagaimana perkembangan pembahasan terkait rencana pembangunan stadion BMW?
Ya doakan saja agar kami bisa terus berusaha membangun stadion tersebut. Doakan juga agar kami bisa mendapatkan dukungan dari DPRD. Karena kami sedang berusaha. Apalagi keputusan stadion BMW itu tidak bisa diketok secara eksekutif melainkan juga harus disetujui oleh legislatif.
 Selanjutnya 

RM Video