Dubes Jepang Ngehits di Medsos, Doyan Makanan Indonesia

Dubes Jepang Ngehits di Medsos, Doyan Makanan Indonesia
Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Tidak berlebihan kalau menyebut Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii sebagai selebgram. Diplomat gaek ini sukses menggunakan platform sosial media, Instagram untuk menginfokan  kegiatannya ke masyarakat luas. Ia jadi lebih dekat dengan netizen Tanah Air.

"Lewat media sosial saya jadi lebih cepat mengabarkan kegiatan terkini saya. Jadi lebih dekat dengan pengguna medsos di Indonesia," ujar Dubes Ishii saat ditanya mengapa memilih sosmed sebagai media penyiar kegiatan hariannya.

Sejak aktif pada Oktober 2018, di Instagram Dubes Ishii sudah punya hampir 90 ribu pengikut dan memposting lebih dari 360 foto. Foto-foto yang diposting adalah berbagai kegiatan dia bertugas di Indonesia dan berbagai momen makan siang.

Berita Terkait : Dubes Jepang Tak Sabar Kedatangan Lebih Banyak Pelajar Indonesia

"Jika tidak ada jadwal pertemuan, saya minta staf untuk pilihkan makanan Indonesia untuk saya coba. Dia sudah punya daftar panjang menu yang bisa saya pilih. Jadi, tidak ada menu yang diulang setiap postingan," jelasnya.

Ditanya apa menu Indonesia favoritnya, Dubes Ishii tidak bisa memberi jawaban. Dia menyebut belum mencoba semua makanan yang ada di Indonesia.

"Menurut saya semua makanan yang saya coba enak. Tapi saya belum coba semua," ujarnya.

Baca Juga : Gandeng Kemenkominfo, Gojek Tingkatkan Teknologi Digital yang Makin Aman

Bagaimana caranya dia memilih menu yang akan dia makan esok siang? "Biasanya saya sudah bilang ke staf kalau saya sepertinya ingin makan nasi atau mie atau makanan berkuah. Nanti mereka akan berikan sejumlah pilihan menu. Besok baru disajikan," terangnya.

Postingan menu makan siangnya sukses melejitkan namanya di kalangan netizen Indonesia. Postingan Dubes Ishii juga pasti ada unsur jenaka yang membuat netizen ikut nimbrung di postingannya.

"Saya dan staf memilih foto-foto terbaik sebelum dipasang. Caption-nya juga dipikirkan apa yang menarik. Baru diposting," lanjutnya.

Baca Juga : M Taufik : Kita Do`akan Maret, A. Riza Dilantik Jadi Wagub DKI

Benar saja, mayoritas pengguna Instagram kenal dengan dubes jenaka asal Negeri Sakura ini. Ia senang postingannya menarik perhatian orang banyak. Ketenarannya di medsos juga sampai ke platform sosmed lain seperti Twitter dan Facebook. 'Dubes kawaii' dan 'oji-chan' menjadi panggilan sayang netizen untuk  diplomat berusia 61 tahun ini.

Kenapa makanan Indonesia? Dubes Ishii menyebut ini gaya soft diplomacy dia untuk mempromosikan Indonesia dan Jepang kepada khalayak. 

Apakah ini akan terus dia lanjutkan? "Selama pengguna media sosial suka dengan postingan saya. Saya terus up date kegiatan di sana. Bukan hanya menu makan siang. Kegiatan seperti sekarang juga akan saya posting di Instagram saya," ujar Dubes Ishii saat ditemui di konferensi pers pelaksanaan Japan Film Festival di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11). [DAY]