Biji Pepaya dan Kangkung Bisa untuk Perawatan Rambut

Biji pepaya (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Biji pepaya (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Rambut merupakan salah satu bagian yang menunjang penampilan. Terlebih pada wanita, rambut adalah mahkota. Atas hal itu, banyak produsen yang berlomba-lomba berinovasi membuat produk perawatan rambut dari masalah kerontokan, rambut bercabang, rambut kering dan kusam, berketombe, atau susah diatur.

Namun, ternyata banyak juga bahan alam yang bisa digunakan untuk merawat rambut. Supyan Sauri dan Ryzhaima, dua mahasiswa Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, dalam penelitiannya menemukan bahwa biji pepaya, kangkung, nanas, dan mengkudu bisa digunakan untuk merawat rambut.

“Biji pepaya bermanfaat bagi rambut. Salah satu kandungan dari biji pepaya adalah mengandung glucoside cacirin dan karpain yang mampu menghitamkan rambut beruban,” kata Supyan.

Berita Terkait : Firli: Pencegahan Korupsi Bisa Selamatkan Keuangan Negara Lebih Banyak

Cara penggunaannya, kata Supyan, sangrai satu cangkir biji pepaya kering. Kemudian tumbuh hingga halus. Tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Lalu oleskan secara merata ke rambut. 

“Oleskan dari ujung hingga pangkal rambut. Diiamkan kira-kira selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih atau keramas seperti biasa,” ucapnya.

Untuk kangkung, Supyan menerangkan, sayuran ini banyak banyak mengandung vitamin A, B, C, serta mineral seperti zat besi, asam amino, kalsium, fosfor, karoten dan lain-lain. “Selain dikonsumsi, ternyata kangkung memiliki khasiat untuk menghilagkan ketombe. Kangkung memiliki kandungan senyawa senyawa aktif fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, dan tanin yang dapat mengatasi infeksi jamur P.Ovale yang berkembang pada kelenjer minyak (sebum) di kulit kepal,” terangnya.

Baca Juga : Potensi Banjir Masih Ada Sampai Maret, Allianz Siaga Layani Nasabah

Kandungan tersebut berpengaruh sebagai anti oksidan terhadap jamur P.ovale yang ada pada kulit kepala.

Cara penggunaannya, kata Supyan, tiga batang kangkung beserta daunnya plus 3 batang seledri, dan 1 sendok garam dapur ditumbuk sampai halus. Lalu dimasukkan ke dalam sebuah wadah dan ditambahkan air, lalu disaring. 

“Air saringan tersebut digunakan untuk keramas. Setelah air saringan membasahi seluruh rambut, lalu diamkan selama 30 menit, kemudian dibilas. Sebaiknya dilakukan rutin seminggu dua kali agar hasilnya maksimal,” ucapnya.

Baca Juga : China Perketat Impor, Harga Batu Bara Januari Turun

Untuk nanas, Supyan menerangkan, buah ini kaya akan kalium, kalsium, iodium, sulfur, dan khlor. Selain itu juga kaya asam, biotin, vitamin B12, vitamin eserta enzim bromelin. 

“Bromelin berguna mengurangi pembengkakan karena luka atau operasi. Enzim ini terus bekerja sampai jaringan kulit yang sehat menampakkan diri. Enzim ini juga memiliki fungsi untuk mengangkat jaringan kulit yang mati terutama pada kulit kepala ketombe,” paparnya.

Mengkudu juga bermanfaat mengatasi ketombe dan kepala gatal. “Buah mengkudu memiliki kandungan Acubin, L. asperuloside, alizarin dan beberapa zat antraquinon yang telah terbukti sebagai zat anti bakteri. Selain itu, dalam buah mengkudu terkandung scopoletin yang dikenal untuk mengatur anti bakteri, anti jamur, dan anti flamasi,” ujarnya. [USU]