RMco.id  Rakyat Merdeka - Siapa bilang, orang dewasa tak butuh imunisasi? Faktanya, imunisasi dapat menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan orang dewasa, melalui pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Apalagi, usia dewasa merupakan masa-masa produktif. Aktivitas kehidupan yang padat, gaya hidup, pola makan, olahraga, istirahat menjadi hal-hal yang menentukan kondisi kesehatan saat dewasa, hingga sampai tahap usia lanjut.

Berita Terkait : Wapres: Vaksinasi Sesuai Ajaran Islam

"Pencegahan penyakit melalui imunisasi adalah yang paling cost effective. Efisien, dan hasilnya baik," kata Dr. Purnamawati Sujud, SpA(K), MMped, dari Yayasan Orang Tua Peduli, dalam acara Forum Dialog Kabar Kamis bertema “Mengapa Vaksin Penting? Perlukah untuk Orang Dewasa?”, yang diselenggarakan di Media Center KPCPEN, Kamis (15/10).

Purnamawati menuturkan, masyarakat sejauh ini sudah memahami bahwa imunisasi adalah salah satu upaya, untuk memberikan kesehatan terbaik untuk anak.

Berita Terkait : Produksi Vaksin Covid-19, CEPI Percayakan Bio Farma

Namun, kita seringkali lupa, bahwa anak-anak juga membutuhkan orang tua yang sehat. Karena itu, kita harus tetap berupaya untuk tetap sehat. Salah satunya, melalui imunisasi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, perlu diperhatikan adanya penyakit yang pembawanya (carrier) adalah orang dewasa, dan dapat menularkan kepada anggota keluarga lain termasuk bayi dan anak-anak.

Berita Terkait : Inggris Siap Pasok 100 Juta Vaksin Buat Indonesia

"Karena itu manfaat imunisasi bukan hanya dirasakan oleh yang menerima, tetapi juga keluarga dan lingkungan," tandas Purnamawati.
 Selanjutnya