RMco.id  Rakyat Merdeka - Pelayanan publik di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dipastikan tetap buka selama musim libur Lebaran tahun ini.

"Perangkat daerah dan unit kerja yang memberikan pelayanan langsung pada masyarakat saat libur Lebaran dipastikan tetap buka. Mereka tidak ada libur," kata Asisten Daerah Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Carwinda di Cikarang, Minggu (2/6).

Pelayanan tersebut, di antaranya rumah sakit, puskesmas, pemadam kebakaran, dinas perhubungan, maupun petugas medis dan pengamanan mudik Lebaran.

Berita Terkait : Tidak Maksimal, Bank Pelaksana FLPP Dievaluasi

Ia mengatakan, Pemda menegaskan tidak merekomendasikan penambahan cuti tahunan pasca cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriah. Pengecualian hanya diberikan bagi pegawai yang pada saat cuti bersama harus tetap bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Itu karena mereka tidak dapat menikmati cuti bersama lantaran bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Untuk itu, Carwinda meminta perangkat daerah, instansi dan atau unit kerja yang berfungsi memberikan pelayanan langsung pada masyarakat agar membuat pengaturan jadwal yang baik.

Berita Terkait : Kemendikbud Larang MPLS Tatap Muka

"Bisa dijadwal secara bergantian atau sistem shift agar pelayanan tetap berjalan optimal," ucapnya.

Tahun ini, abdi Negara hanya mendapatkan tambahan cuti Lebaran selama tiga hari, sesuai Keputusan Bersama Menteri Agama, Menakertrans, serta Menpan dan RB RI tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019.

"Bahwa pelaksanaan hari libur nasional Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 5 sampai dengan 6 Juni 2019. Sedangkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri pada 3, 4 dan 7 Juni 2019. Sementara Senin 10 Juni, ASN masuk kerja seperti biasa,” katanya.(NOV)

Baca Juga : Hartanya Rp 654 Triliun, Sirivannavari Pebulutangkis Paling Tajir Sejagat