HUT DKI Jakarta ke-492

Anies Minta Seluruh PNS DKI Makin Profesional Dalam Melayani Warga

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memotong tumpeng HUT DKI Jakarta ke-492 di Lapangan Monas Jakarta, Sabtu (22/6). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)
Klik untuk perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memotong tumpeng HUT DKI Jakarta ke-492 di Lapangan Monas Jakarta, Sabtu (22/6). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, di usia yang ke-492, Kota Jakarta ingin berbagi cerita tentang perubahan baik yang telah dicapainya. Perubahan yang menghasilkan wajah baru Jakarta, sebagai kota kebanggaan Indonesia.

"Wajah baru Jakarta yang modern, tetapi tidak melupakan akar budaya leluhur. Perubahan yang selalu diupayakan untuk mencapai tujuan pembangunan Kota Jakarta, yaitu mewujudkan Jakarta, yang maju kotanya dan bahagia warganya,” ujar Gubernur Anies mengawali sambutannya, dalam Upacara Peringatan HUT DKI ke-492 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6).

Berita Terkait : Kali Ini, Anies-Istana Kompak

Secara lebih spesifik, Anies memaparkan bahwa perubahan wajah baru Jakarta, sesungguhnya bukan hanya perubahan yang bersifat permukaan. Wajah baru Jakarta, juga bukan hanya tentang pembangunan fisik yang terlihat oleh matam Tetapi juga tentang program, regulasi, dan kebijakan yang membawa keadilan bagi semua.

“Wajah baru Jakarta adalah juga tentang fasilitas publik yang bebas dipakai untuk kegiatan kebudayaan dan keagamaan, sistem transportasi yang terintegrasi dan tidak tersegregasi, PBB yang berkeadilan bagi mereka yang berjasa untuk bangsa, serta kebijakan yang menjaga kedaulatan setiap jengkal Tanah Air kita,” terang mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Baca Juga : Gara-gara Corana, Sebagian Alat PON Pakai Bekas Asian Games

Tak hanya itu, Anies juga ingin melakukan perubahan paradigma mendasar tentang pembangunan kota. Bersama seluruh jajaran Pemprov DKI, cucu Pahlawan Nasional Abdurrahman Baswedan itu ingin membangun sebuah kota yang setara, sejahtera, maju, hidup, lestari, dan bersatu.

"Setara artinya tersedianya kesempatan, fasilitas, dan manfaat yang adil bagi seluruh warga. Sejahtera artinya kondisi ekonomi terjaga baik, kebutuhan dasar warga tercukupi, dan ada dukungan bagi mereka yang lemah. Maju artinya, Jakarta sebagai megapolitan kelas dunia yang tertib, beradab, penuh inovasi, dan menjadi tolok ukur bagi kota-kota lainnya,” tutur Anies.

Baca Juga : Toyota Perbanyak Model Mobil Listrik

Ia berpesan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI agar membawa semangat wajah baru Jakarta ini, ke setiap aspek profesionalitas mereka. Sehingga, tumbuh semangat pembaruan dan pengembangan kreativitas.

"Mari terus bekerja dengan semangat yang baru, membawa wawasan baru, dengan perspektif baru. Ciptakan atau tangkap selalu terobosan, inovasi, kreativitas, kebaruan, dengan hasil-hasil nyata yang bisa dirasakan langsung oleh seluruh komponen masyarakat,” pesan mantan Rektor Universitas Paramadina, Jakarta ini. [MRA]