25 Bus Transjakarta Ikut Karnaval

Awas Pelayanan Ke Warga Jangan Sampai Terabaikan

RMco.id  Rakyat Merdeka - Besok, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan acara Jakarnaval. Pawai dan parade ini diklaim menjadi pesta karnaval terbesar di Jakarta.

Acara ini akan menampilkan parade budaya, parade modern, dan parade mobil hias. Makanya, mulai hari ini Sabtu (29/6), Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal melakukan rekayasa lalu lintas. Mulai jam 15.00 sampai 18.00 WIB akan dilakukan gladi resik.

Penutupan ruas jalan akan dilakukan di sisi selatan Jalan Merdeka Selatan. Kemudian akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas dari jalan MI Ridwan Rais menuju Jalan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Merdeka Timur.

Pada saat pelaksanaan, Minggu (30/6) akan dilakukan penutupan ruas jalan Merdeka Selatan. Sisi timur Jalan Thamrin mulai dari Bundaran Air Mancur BI sampai Bunderan Hotel Indonesia (HI). Serta, Jalan Imam Bonjol mulai dari Bunderan HI sampai simpang Agus Salim.

Berita Terkait : Jakarta Banjir, Sejumlah Perjalanan Kereta Api Terganggu

Juga akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas di jalan MI Ridwan Rais menuju ke Jalan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur. Arus lalu lintas dari arah Medan Merdeka Varat menuju air mancur BI diarahkan untuk putar balik di putaran depan Museum Gajah.

Sedangkan arus lalu lintas dari arah Jalan Imam Bonjol menuju Bunderah HI dialihkan ke Jalan Pamekasan. Arus lalu lintas dari Jalan Wahid Hasyim sisi barat akan menuju Jalan Thamrin atau sebaliknya akan ditutup secara situasional.

Penutupan jalan secara situasional juga dilakukan di Jalan Kebon Sirih dan Budi Kemuliaan. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, pihaknya menyediakan kantong parkir di Park and Ride Thamrin 10, IRTI Monas, Plaza Mandiri dan Jalan Imam Bonjol.

“Saya harap pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan,” katanya.

Baca Juga : Singapura dan Malaysia Pastikan Kasus New Coronavirus Keempat di Negaranya

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi menyampaikan, acara Jakarnaval yang akan dilangsungkan pada Minggu (30/6) akan menjadi pesta karnaval terbesar di Jakarta.

Acara ini akan menampilkan parade budaya, parade modern, dan parade mobil hias. Rencananya, acara Jakarnaval ini akan dilangsungkan di sekitar kawasan Thamrin, Jakarta.

“Peserta pawai dan parade melibatkan warga Jakarta, pelajar, pekerja seni dan komunitas. Panggung utama Jakarnaval berada di depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, peserta pawai akan dilepas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan,” kata Edy.

Rute parade budaya dan parade modern berawal dari depan Balai Kota DKI Jakarta, belok ke Jalan MH Thamrin, dan berputar di Tugu Jam MH Thamrin untuk kembali ke Monas. Sementara itu untuk rute parade mobil hias dimulai dari depan Balaikota Provinsi DKI Jakarta, berbelok ke arah Jalan MH Thamrin dan berakhir di Bundaran HI.

Baca Juga : Seru, PT Angkasa Pura II Bagi-bagi Voucher Angpau di Bandara Soekarno-Hatta

Pawai dimulai pada pukul 15.00-17.30 WIB. Edy menegaskan, warga bisa menikmati acara Jakarnaval ini secara gratis.

“Sebanyak 5.000 orang akan ikut berpartisipasi dalam pawai budaya dan 25 kendaraan untuk parade mobil hias yang akan menampilkan bus tingkat mi￾lik Transjakarta. Parade juga akan menampilkan kebudayaan negara sahabat,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Mira, warga Jakarta Utara meminta PT Transjakarta tidak mengabaikan pelayanan transportasi kepada warga karena bus tingkat Transjakarta ikuti karnaval.

“Silakan saja bus Transjakarta ikuti karnaval. Tapi pelayanan transportasi bagi warga nggak boleh diabaikan,” ujar Mira. [MRA]