Atasi Polusi Udara, Anies Bakal Batasi Volume Kendaraan Pribadi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI  telah menyiapkan langkah strategi untuk mengatasi polusi udara di Kota Jakarta. Salah satunya, yakni dengan melakukan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi di jalan.“Dalam musim panas ini, juga seperti tahun-tahun lalu, kita kan menyaksikan kondisi di mana kualitas udara di Jakarta bisa dibilang politis. Kita sedang menyiapkannya,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Rabu (31/7).

Berita Terkait : Ditanya Kebijakan Penanggulangan Banjir, Anies Masih Fokus Penanganan Korban

Hanya saja, Anies tidak mau menyebutkan secara detail strategi apa yang akan dilakukan Pemprov DKI untuk menyehatkan kembali udara di Ibu Kota.“Nanti saya umumkan sesudah lengkap. Anda hapal kebiasaan saya. Saya tidak ngomong secara parsial. Kalau sudah lengkap, kita umumkan langkah-langkah yang akan kita gunakan untuk menangani ini,” ujar Anies.

Baca Juga : Antisipasi Virus Korona, Sriwijaya dan Lion Air Nggak Boleh Terbang ke Wuhan

Namun yang pasti, lanjut Anies langkah strategi itu akan berujung pada pengurangan polusi udara pada sumbernya. Salah satu sumbernya adalah lalu lintas kendaraan bermotor. “Termasuk ganjil genap. Itu salah satu yang akan di finalisasi. Juga polisi dari jalan tol JORR, nanti itu sekalian. Nanti pada saat kita umumkan, langkah-langkahnya akan diberikan secara detail,” terang Anies. 

Baca Juga : Sowan Ke PUPR, Menlu Hungaria Bahas Kerja Sama Infrastruktur

Terkait pernyataan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang menyatakan polusi udara menjadi tantangan bagi DKI Jakarta, Anies  menegaskan polusi udara merupakan tantangan untuk seluruh bangsa Indonesia. [MRA]