Gubernur Anies Ingatkan Keadilan Sosial Pada Pengusaha Air Minum

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri forum industri air bersih yang bertema Indonesia Water and Wasterwater Expo and Forum 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (18/9). (Foto: Istimewa).
Klik untuk perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri forum industri air bersih yang bertema Indonesia Water and Wasterwater Expo and Forum 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (18/9). (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri forum industri air bersih yang bertema Indonesia Water and Wasterwater Expo and Forum 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Rabu (18/9) malam.

Kegiatan ini dihadiri para pengusaha air minum yang mengatasnamakan Persatuan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi).

Di hadapan puluhan pengusaha air minum itu, Anies meminta agar mereka menjalankan perusahaan air minum tidak hanya soal keuntungan, namun juga harus menghadirkan keadilan sosial kepada masyarakat.

Berita Terkait : Mobil dan Motor Listrik di Jakarta Tak Perlu Bayar Pajak

Sengaja ia ingatkan soal keadilan sosial karena para pengusaha air minum mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan air untuk warga "Tujuan kita bernegara itu menghadirkan keadilan sosial."

Air itu adalah kebutuhan dasar setiap manusia," kata Anies seusai acara. Menurut Anies, para pengusaha air minum juga harus berperan dalam memenuhi kebutuhan utama setiap manusia, yakni air.

"Saya mengajak semua yang ada di sini yang mengelola air untuk mengingat tujuan paling utama itu sekaligus merefleksikan posisinya," ucapnya.

Berita Terkait : Anies: Mayoritas Pengungsi Sudah Pulang Ke Rumahnya

Anies menuturkan, para pengusaha air minum itu memiliki hutang kepada negara yang telah memberikan pendidikan hingga bisa menjadi petinggi di perusahaan air minum.

Dengan begitu, Anies berharap, para petinggi perusahaan itu melunasinya dengan menghadirkan berbagai solusi untuk menyediakan air bagi masyarakat.

"Cari terobosan. Nah kalau itu dilakukan saya bilang, maka kita semua itu bisa pasang pin disini tulisannya 'lunas'," tutupnya.

Berita Terkait : Ditanya Kebijakan Penanggulangan Banjir, Anies Masih Fokus Penanganan Korban

Sementara itu, Ketua Umum Perpamsi, Haris Yasin Limpo menjelaskan, pameran ini diikuti oleh industri-industri teknologi air, dari dalam dan luar negeri, seperti teknologi pompa, pipa, membrane, water chemical, valve dan aksesori, water infrastructure, teknologi deteksi kebocoran pipa (water lost), water filter, dan lain sebagainya.

"Tidak hanya pameran, ada juga forum diskusi yang dihadiri PDAM seluruh Indonesia, membahas isu-isu permasalahan air bersih diberbagai daerah dan mencari langkah-langkah solusinya," tandasnya.[MRA]