Selamat, Ari Kuncoro Terpilih Jadi Rektor UI

Dekan FEB UI Ari Kuncoro, terpilih menjadi Rektor UI Periode 2019-2024 (Foto: Antara/Feru Lantara)
Klik untuk perbesar
Dekan FEB UI Ari Kuncoro, terpilih menjadi Rektor UI Periode 2019-2024 (Foto: Antara/Feru Lantara)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ari Kuncoro akhirnya terpilih menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI), setelah mendulang 16 suara dalam Pemilihan Rektor UI di Makara Art Center Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (25/9).

Abdul Haris yang menjadi pesaing Haris, hanya mampu meraih tujuh suara. Sedangkan Budi Wiweko, tidak mendapatkan suara sama sekali.

Pemilihan Rektor UI 2019-2024 ini diawali dengan debat ketiga calon, yang dipandu mantan presenter yang kini menjadi Anggota DPR dari Partai Nasional Demokrat, Tina Talisa.

Dalam acara debat itu, ketiganya memaparkan visi dan misi serta program-program yang akan dijalankan, jika terpilih sebagai rektor.

Baca Juga : Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Sukseskan Program Prioritas Nasional

Pemaparan debat juga disaksikan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) serta Rektor UI, Muhammad Anis.

Menyikapi hasil ini, Rektor UI Muhammad Anis menuturkan, estafet kepemimpinan di UI telah berjalan dengan baik dan kekeluargaan.

"Saya sudah berdialog dengan rektor terpilih yakni Profesor Ari Kuncoro. Saya berharap, semua program-program yang ada dalam visi misi beliau, dapat dijalankan dengan baik. Riset di UI menjadi semakin baik," ujar Anis, yang masih menjabat sebagai rektor, hingga pelantikan dilangsungkan pada Desember mendatang.

Ketua Majelis MWA UI Saleh Husin turut mengucapkan selamat kepada Ari Kuncoro, yang telah terpilih menjadi Rektor UI.

Baca Juga : Cegah Corona, Pegawai Kemendes PDTT Wajib Cek Kesehatan

Saleh berharap, Ari dapat merangkul semua elemen untuk terus menguatkan UI menjadi universitas berkelas dunia. "Riset harus semakin dimantapkan. Riset diharapkan sinergis dengan dunia usaha  agar bisa semakin bermanfaat," kata Saleh.

Sementara Rektor UI terpilih Ari Kuncoro, mengaku akan berfokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) di UI. Menurutnya, pembangunan SDM akan menunjang semuanya. Masing-masing individu di UI diharapkan mampu berkolaborasi bersama, sehingga menghasilkan kekuatan yang merata. Tak semata-mata mengandalkan kemampuan individu masing-masing.

"Ini kerja tim. Kerja bersama untuk menjadikan UI sebagai perguruan tinggi terbaik," tutur Ari.

Kendala pendanaan riset yang tak murah, menurutnya dapat diatasi dengan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai pihak. Diperlukan trust dalam menjalankan riset yang berkualitas.

Baca Juga : Kucurkan Rp 17 Miliar, Pertamina Gandeng 106 Calon Mitra Di Lamteng

"Saya akan biasakan bicara apa pun dengan menggunakan data, untuk menghasilkan kebijakan. Selama ini, data belum termanfaatkan dengan baik. Itu akan saya prioritaskan untuk menghasilkan kebijakan," tandas Ari. [HES]