Tinggi Air Capai 860 Cm, Pintu Air Manggarai Siaga II

Informasi kondisi ketinggian air di Pintu Air Manggarai. (Foto: Twitter BPBD DKI)
Klik untuk perbesar
Informasi kondisi ketinggian air di Pintu Air Manggarai. (Foto: Twitter BPBD DKI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu pagi (1/1) mencapai 860 cm akibat hujan yang terjadi sejak tengah malam. Dengan kondisi ini, Pintu Air Manggarai ditetapkan Siaga II.        

Seperti dikutip antaranews, Pusdatin BPBD DKI Jakarta menginformasi kenaikan tinggi muka air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai terjadi mulai pukul 02.00 WIB di level 700 cm atau siaga IV        

Baca Juga : Bahas Abu Sayyaf, Mahfud MD Segera Sambangi Malaysia

Hujan yang sejak Selasa (31/12) malam terus mengguyur wilayah Jakarta hingga Rabu dini hari menyebabkan tinggi muka air terus meningkat. Pada Rabu (1/1) pukul 03.00  tinggi muka air Pintu Air Manggarai mencapai level 815 cm dengan status meningkat menjadi siaga III.        

Pada pukul 04.00, terjadi kenaikan muka air hingga mencapai level 860 cm dengan status siaga II. Kondisi cuaca juga dilaporkan masih hujan, sehingga diperkirakan akan terjadi penambahan tinggi muka air di pintu air Manggarai.    

Baca Juga : Presiden Xi: Kita Harus Kompak Perangi Coronavirus

Pusdatin BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat yang terdampak kenaikam pemukaan air Sungai Ciliwung untuk waspada. Wilayah yang terdampak di antaranya Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan dan Tomang.      

Pusdatin BPBD DKI Jakarta juga sudah melakukan upaya antisipasi dengan menyebarluaskan informasi kepada lurah dan warga yang tinggal di bantara kali atas kenaikan tinggi muka air di Pintu Air Manggarai melalui sosial media seperti twitter, facebook, whatsapp dan website.      

Baca Juga : Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Begini Saran Apindo

Pemberitahuan Kepada camat & lurah disampaikan melalui group whatsapp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta. Sementara itu, berdasarkan pantauan twitter Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai pada pukul 04.30 sudah mencapai 895 cm dengan status siaga dua banjir, dan kondisi cuaca masih hujan. [USU]