Banjir di Kedoya, Warga Mengungsi di Pinggir Rel Kereta Api

Warga korban banjir Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Klik untuk perbesar
Warga korban banjir Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ratusan warga di Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengungsi di sepanjang pinggiran rel kereta api dekat bantaran Kali Pesing akibat banjir yang masih merendam rumah mereka akibat hujan yang terjadi Selasa (31/1) dan Rabu (1/1).

"Ya terpaksa tinggal di bantaran rel karena tidak ada tempat lain lagi," kata Gunawan, salah satu warga yang terkena dampak banjir di Kelurahan Kedoya Utara, Jakarta Barat, Jumat (3/1) seperti dilansir Antara.

Berita Terkait : Banjir di Sejumlah Titik Jatabek Ini Sudah Masuk Rumah

Gunawan dan ratusan warga lain membangun tenda tersebut dengan terpal. Sementara untuk alas, ia hanya menggunakan karpet dan selimut tipis yang masih bisa ia selamatkan saat banjir akibat hujan deras dengan cepat merendam rumahnya yang berada di dekat Kali Pesing.

"Sebenernya ngilu badannya karena harus tidur di atas batu kerikil. Tapi dinikmati saja," katanya.

Baca Juga : 3 Serikat Buruh Hidupkan MPBI

Rasa syukur juga diungkapkan Jumino, warga lain yang rumahnya terendam banjir di kelurahan tersebut. Meski motor dan barang-barang elektronik miliknya rusak karena terendam banjir, ia merasa bersyukur dirinya bersama anak dan istrinya masih bisa berlindung dari hujan deras meski tinggal di pinggiran rel kereta api.

"Untungnya keretanya belum beroperasi. Jadi masih bisa ngungsi di sini," katanya, merujuk kepada tenda yang juga ia dirikan di atas rel kereta api di dekat bantaran Kali Pesing.

Baca Juga : Bertemu Presiden Jokowi, Tony Blair Happy Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota

Sejumlah warga mengaku saat ini mereka belum dapat beraktivitas seperti biasa. Warga yang mengungsi di sepanjang rel kereta api sebagian berdiam di dalam tenda mereka, sementara sebagian lain berbincang-bincang di luar tenda sembari mengamati jalur rel kereta api lainnya yang masih difungsikan untuk kereta pengecekan. [SRI]