Agung Wicaksono Mundur, Transjakarta Angkat Donny Saragih Jadi Dirut

Donny Andy S Saragih (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Donny Andy S Saragih (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta, Donny Andy S Saragih, diangkat sebagai Dirut Transjakarta menggantikan Agung Wicaksono yang mengundurkan diri. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta, Nadia Diposanjoyo, mengatakan, keputusan itu diambil melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang dilakukan Kamis (23/1). 

“Sesuai dengan Pasal 91 UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, pemegang saham dapat juga mengambil keputusan yang mengikat di luar RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dengan syarat semua pemegang saham dengan hak suara menyetujui secara tertulis dengan menandatangani usul yang bersangkutan,” jelas Nadia, di Jakarta, Kamis (23/1).

Berita Terkait : Terpidana, Pengangkatan Donny Saragih Sebagai Dirut Transjakarta Dibatalkan

Menurutnya, dalam RUPS LB ini dilakukan pemberhentian, penggantian, dan pengisian pengurus perseroan. Di antaranya, memberhentikan Agung Wicaksono dari jabatanya sebagai dirut dan mengangkat Donny Andy S Saragih sebagai dirut.

Pengangkatan Donny didasarkan pada pertimbangan untuk mengembangkan Transjakarta ke depanya. Donny memiliki latar belakang pengalaman di bidang transportasi, yaitu Komisaris PT Alfa Omega Transport sejak 2014 sampai sekarang, Direktur Operasional PT Eka Sari Lorena Transport sejak 2007 sampai 2017, dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Nadia mengatakan, Agung Wicaksono dalam melaksanakan tugasnya dinilai sangat sukses dalam meletakkan landasan integrasi transportasi publik di Jakarta. Melalui JakLingko sudah mulai mengintegrasikan dengan transportasi berbasis rel lainya seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan KRL. Dalam satu tahun, kenaikan penumpang meningkat dari 188,98 juta menjadi 264,61 juta pada 2019. Dengan adanya integrasi, jumlah pelanggan sehari hampir mencapai 1 juta. [MRA]