Hujan Deras, 99 RW di Jakarta Tergenang Banjir

Banjir yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Sabtu (8/2). (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Klik untuk perbesar
Banjir yang terjadi di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Sabtu (8/2). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Jumat (7/2) dan Sabtu (8/2), 99 RW di Jakarta tergenang banjir.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, hingga Sabtu (8/2) pukul 18.00 Wib, ada 87 RW yang terdampak banjir. Dengan rincian ada 4 RW di Jakarta Pusat, 24 RW di Jakarta Utara, 9 RW di Jakarta Barat, 12 RW di Jakarta Selatan dan 50 RW di Jakarta Timur.

Berita Terkait : BNPB: Pengambilan Air Tanah Picu Banjir di Jakarta

Ketinggian genangan saat itu sekitar 10 - 100 cm. Masih berdasarkan data dari BPBD DKI Jakarta, hingga Minggu (9/2), pukul 06.00 Wib, genangan tersisa terdapat di 13 RW di Jakarta Timur.

Sedangkan, wilayah lain telah surut dan selesai ditangani oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta dan PPSU Kelurahan.

Berita Terkait : Sinergi Antar-BUMD, LRT Jakarta Manfaatkan Layanan Bank DKI

Kepala Pelaksana BPBD DKI Subejo mengatakan banjir yang masih terjadi di 13 RW Jakarta Timur, penyebabnya adalah curah hujan yang tinggi dan meluapnya Kali Ciliwung, Kali Sunter, Kali Buaran, dan Kali Jati Kramat.

"Ketinggian air di 13 RW Jakarta Timur saat ini sekitar 10 - 30 cm dan 60 - 90 cm,” kata Subejo.

Berita Terkait : Banjir Mulai Surut, 11 Lokasi Pengungsian Masih Dipenuhi Warga

Subejo menambahkan, penanganan yang telah dilakukan, diantaranya pengerahan pompa dari Dinas SDA DKI Jakarta dan dibantu oleh PPSU Kelurahan terkait.

"Dari BPBD, kami juga menyiapkan bantuan kebutuhan pokok, seperti air mineral, tikar, terpal, matras, biskuit, selimut, peralatan mandi, hingga perlengkapan anak-anak. Semua yang dibutuhkan warga itu kami bantu siapkan,” ungkap Subejo. [DIR]