Hari Pers Nasional 2019 Surabaya, Jawa Timur

H Margiono: Baksos HPN, Kado Untuk Masyarakat

Direktur CSR Indosiar-SCTV Imam Sudjarwo, menyampaikan sambutan dalam acara Baksos Pelayanan Kesehatan Gratis & Pemberian Sembako di Jombang, Selasa (29/1). (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Direktur CSR Indosiar-SCTV Imam Sudjarwo, menyampaikan sambutan dalam acara Baksos Pelayanan Kesehatan Gratis & Pemberian Sembako di Jombang, Selasa (29/1). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang ditandai dengan penyelenggaraan banyak program strategis, banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat. Termasuk, serangkaian layanan bakti sosial (baksos) bantuan kesehatan dan pangan.

“Bakti sosial ini merupakan kado HPN buat masyarakat,” kata H. Margiono, penanggung jawab HPN 2019 di Jawa Timur dalam pertemuan bersama panitia HPN pekan lalu.

Bakti sosial yang menyertai acara-acara HPN setiap tahun, sudah menjadi tradisi. Kegiatan ini sekaligus menyediakan panggung bagi perusahaan-perusahaan, yang ingin menyalurkan dana bantuan kemanusiaannya.

“Berapa pun jumlah perusahaan dan instansi pemerintah yang ikut bergabung dalam baksos, kami siap mengkoordinasikan, dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat," ujar Mohammad Nasir, Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang juga panitia HPN yang menangani bakti sosial, hari Minggu (27/1).

Nasir menambahkan, dalam momentum HPN ini, perusahaan-perusahaan dengan berkoordinasi dengan panitia HPN,  juga dipersilakan menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat. 

Baca Juga : Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Sukseskan Program Prioritas Nasional

Baksos tersebut direncanakan bakal gelar dalam waktu 2 minggu, mengingat banyaknya pihak yang peduli terhadap kegiatan tersebut. Bukan kegiatan tunggal dalam sehari.

Karim Paputungan yang menangani bidang Bakti Sosial HPN mengatakan, sudah banyak  lembaga sosial, perusahaan, dan instansi pemerintah yang sudah pasti bergabung dalam kegiatan bakti sosial di Jawa Timur.

Pertama Indosiar-SCTV melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih melakukan pengobatan massal bekerja sama dengan TNI-AL (Lantanamal V/Surabaya), dan beberapa dinas kesehatan kabupaten. Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menggelar pengobatan massal. Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemprov Jawa Timur melaksanakan kegiatan bedah rumah.

Harian Kompas melalui Dana Kemanusiaan Kompas memberikan bantuan 300 jamban bagi warga kota Surabaya, Dinas Sosial Pemprov Jatim memberikan bantuan bahan pangan pokok. Juga ada Artha Graha Peduli, yang menyalurkan bantuan pangan. 

Untuk mengatur waktu pelaksanaan supaya tidak menumpuk di Hari Puncak HPN 9 Februari, pelaksanaan bakti sosial HPN Jatim sudah dimulai sejak 17 Januari 2019. Indosiar-SCTV melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih mengambil kesempatan pertama, melayani kesehatan masyarakat di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.

Baca Juga : Cegah Corona, Pegawai Kemendes PDTT Wajib Cek Kesehatan

Indosiar-SCTV menggandeng TNI-AL (Lantanamal V) yang sedang ulang tahun, untuk bersama-sama bakti sosial dalam rangka HPN. Baksos ini dihadiri Komandan Lantanamal V/Surabaya Laksamana Muda Edwin, SH dan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR beserta aparat di jajaran pemerintah setempat.

Baksos di Puger ini melayani pengobatan gratis untuk umum, gigi, khitanan, dan operasi minor. Total masyarakat yang dilayani berjumlah 259 orang, meliputi 212 pengobatan umum, 25 layanan gigi, 17 khitan, dan 5 bedah minor.

Dari Jember, Indosiar-SCTV bergerak ke Jombang, untuk memberikan layanan kesehatan gratis dan pembagian bahan pangan pokok (sembako) di Tempat Pengolahan Sampah Akhir (TPA) Banjardowo Jombang, dan Tempat Pengolahan Sampah berbasis 3R (TPS3R) Blimbing, Jombang.

“Sekitar 500 pemulung dan warga sekitar mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari tim dokter Dinas Kesehatan Jombang,” kata Dewi dari Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Pelaksanaannya berjalan lancar. Selain dihadiri langsung oleh Direktur CSR Indosiar-SCTV Imam Sudjarwo, juga dihadiri Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Baksos berikutnya 31 Januari 2019, diselenggarakan di Pendopo II Pemerintah Kabupaten Bangkalan, dengan target layanan kesehatan gratis 1.000 orang. Menurut dokter Dian Islami M Kes, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi Jawa Timur, baksos kesehatan di Bangkalan (Madura) ini akan melayani pemeriksaan kesehatan umum, jantung dan hipertensi, asam urat, kolesterol, gula darah, mata, kepikunan, gizi, serta layanan donor darah.

Baca Juga : Kucurkan Rp 17 Miliar, Pertamina Gandeng 106 Calon Mitra Di Lamteng

Kemudian disusul bedah rumah di Surabaya yang diselenggarakan oleh Dinas PUPR Provinsi Jatim untuk 20- 40 rumah. Dana Kemanusiaan Kompas juga meluncurkan bantuan pembuatan 300 jamban untuk keluarga kurang mampu di Kota Surabaya pada 8 Februari 2019.

Masih dalam kaitan HPN, Dinas Sosial Provinsi Jatim Jalan Gayungan Kebonsari, Surabaya pada 8 Februari 2019 juga menggelar santunan untuk para penghuni panti jompo dan panti asuhan.

Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) ikut serta dalam mendistribusikan bantuan ini. Baksos berbagi paket bahan pangan ini juga didukung oleh Artha Graha Peduli. Bahkan Heka Hertanto, Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli berencana menyelenggarakan bakti sosial tersendiri di Jawa Timur di hari peringatan HPN ini. “Kita tunggu nanti pelaksanaannya,” kata Heka. [HES]