RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memberikan 50 fasilitas parkir sepeda di sekitaran Jakarta. Pemberian fasilitas tersebut secara simbolis diserahkan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Stasiun Kereta Api Pasar Minggu, dan SDN Batu Ampar II Jakarta Timur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, langkah ini bisa jadi pendorong pemerintah daerah (Pemda) dan swasta untuk ikut dalam alokasi lahan parkir sepeda maupun infrastruktur penyangga lain. "Ini akan berlanjut di beberapa provinsi, akan kami dorong, nantinya akan memberikan motivasi di kantor-kantor pemda menyiapkan tempat parkir di tempat umum," katanya dalam acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2020 secara virtual, Jumat (25/9).

Berita Terkait : Kemenkes Dorong Pengembangan Fasilitas RS di Jakarta Untuk Penanganan Covid

Menurutnya, ketertarikan masyarakat bersepeda di masa pandemi untuk menjaga kesehatan. Terbukti penggunaan sepeda meningkat 1.000 persen. “Mengingat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan sepeda sebagai alternatif moda transportasi dan sarana berolahraga dalam masa pandemi, Kemenhub menyiapkan regulasi keselamatan bagi para pesepeda di tengah maraknya tren bersepeda di Indonesia," tuturnya.

Budi menegaskan, pentingnya sosialisasi keselamatan bersepeda. “Mudah-mudahan menjadi dorongan dan motivasi masyarakat bukan hanya sekadar bersepeda dan berfoto-foto. Negara lain sepeda menjadi kegiatan sehari-hari untuk beraktivitas,” jelasnya.

Berita Terkait : Nekat Langgar Aturan Kapasitas Angkut, 3 Maskapai Kena Denda Hingga Rp 300 Juta

Penyerahan 50 fasilitas parkir tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan yang telah rutin dilaksanakan sejak 2007. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Indonesia tapi telah menjadi gerakan dunia. [KPJ]