RMco.id  Rakyat Merdeka - Bagi yang suka melanggar protokol kesehatan, mulai hari ini kudu lebih hati-hati. Sebab, aparat gabungan akan makin agresif dan masif melakukan pengawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin menginstruksikan personel di tingkat provinsi hingga kelurahan agar lebih agresif dan masif melakukan patroli pengawasan pelaksanaan PSBB.

Baca Juga : Banjir Di Kalbar, PLN Berhasil Operasikan Kembali 23 Gardu Terdampak

“Ini berlaku bagi semua sektor-sektor yang telah diatur untuk ada semacam pembatasan dan pengendalian,” ungkap Arifin.

Dia menjelaskan, berdasarkan data penindakan periode 14-27 September lalu, pelanggaran masih didominasi warga tidak memakai masker sebanyak 21.285 orang. Mereka sudah menjalani sanksi kerja sosial 19.816 orang dan denda sebanyak 1.469 orang.

Baca Juga : Terpapar Corona, 2 Nakes Di Kabupaten Bogor Meninggal Dunia

Denda yang disetorkan untuk pelanggaran tak pakai masker mencapai Rp 233.725.000. “Sedangkan denda (dilakukan) rumah makan Rp 17.200.000, tempat kerja Rp 7.000.000, sehingga total keseluruhan Rp 257.925.000,” ungkapnya.

Arifin merinci, penindakan tertinggi di Jakarta Barat dilakukan di Kecamatan Tambora, Jakarta Timur di Kecamatan Cipayung, Jakarta Utara di Kecamatan Koja, Jakarta Pusat di Kecamatan Tanah Abang, dan Jakarta Selatan di Kecamatan Kebayoran Baru. Arifin menjelaskan, warga perlu secara terus menerus diingat- kan bahwa Jakarta masih dalam kondisi darurat Covid-19.

Baca Juga : Kurangi Impor, Kementan Kembangkan Budidaya Bawang Putih di Probolinggo

“Harapannya semoga dua minggu ke depan memberikan kontribusi yang positif dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandas Arifin.

Warga mengapresiasi kinerja petugas yang semakin agresif dan masif dalam melakukan pengawasan penegakan PSBB. ‘’Rasain bagi yang suka bandel, masih saja langgar PSBB. Nanti pasti kapok kalau petugas agresif dan masif melakukan pengawasan PSBB,’’ kata Juna, warga Jakarta Timur, kemarin.
 Selanjutnya