Pro Kontra Jual Saham Bir

Anies Dapat Nangkanya Banteng Dapat Getahnya

Klik untuk perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) (Foto: Dok. Pribadi)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ribut-ribut soal penjualan saham bir milik Pemprov Jakarta terus berlanjut. Jumat (8/3), sekelompok massa turun ke jalan memprotes sikap Ketua DPRD DKI yang juga Ketua PDIP DKI, Prasetyo Edi Marsudi, yang tak sejalan dengan Gubernur Anies Baswedan. Gara-gara ini, Anies dapat nangkanya. Sementara Banteng, dapat getahnya. 

Aksi protes itu digelar usai shalat Jumat di depan Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta. Massa yang datang berjumlah seratusan. Berasal dari Jawara Betawi dan Front Pembela Islam (FPI). Dalam aksi ini, mereka membawa spanduk dan poster berisi dukungan kepada Anies untuk menjual saham bir milik Pemprov DKI di PT Delta Djakarta.

Panglima Jawara Betawi Hasan Basri dalam aksi itu mempertanyakan sikap DPRD DKI, yang tidak sepakat dengan Anies. Hasan mengatakan, aksinya ini sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pihak yang telah memilih Anies di Pilgub lalu. Dia ingin, janji Anies dalam kampanyenya dulu direalisasikan. “Jadi kami merasa bertanggung jawab dengan apa yang akan dilakukan Pak Gubernur,” kata Hasan, kemarin.

Rencana Anies menjual saham bir ini memang menuai polemik. DPRD DKI terbelah menyikapinya. Ada yang mendukung dan menolak. Penolakan paling keras datang dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi. Politikus PDIP itu tak ingin melepas saham tersebut, karena dianggap memberikan keuntungan bagi keuangan daerah. Dia mengaku memang pernah disurati oleh Anies pada 2018, perihal penjualan saham tersebut. 

Berita Terkait : Dewan Minta Anies Mutakhirkan Data Kependudukan


Setelah surat itu diabaikan, Prasetyo mengaku tak pernah berkomunikasi lagi dengan Anies, perihal rencana tersebut. Ia pun meminta Anies memikirkan ulang rencana penjualan saham bir.
Namun, Anies tampaknya tak putus asa. Eks Mendikbud ini sepertinya sudah bulat dengan keputusannya melepas saham bir. Menurut dia, warga Ibukota lebih membutuhkan air bersih ketimbang minuman mengandung alkohol. Karena itu, Anies meminta semua warga Jakarta mengevaluasi anggota DPRD yang menolak pelepasan saham tersebut.

Anies menuturkan, telah menyampaikan surat kepada Ketua DPRD DKI soal pelepasan saham itu pada Mei 2018. Namun, anggota dewan tak kunjung merapatkan rencana pemerintah daerah tersebut. Pelepasan saham ini merupakan salah satu janji kampanye Anies

Menurut dia, pemda bakal menerima kurang lebih Rp 1,2 triliun ketika melepas saham PT Delta Jakarta. Uang ini, Anies melanjutkan, dapat dipakai untuk pembangunan infrastruktur di Jakarta seperti memasang pipa air bersih. 

Tahun lalu, kepada Anggota Dewan, Anies mengusulkan anggaran Rp 1,2 triliun untuk pemasangan pipa air bersih. Angkanya sama dengan pelepasan saham perusahaan bir itu.

Berita Terkait : PLN Tanggapi Soal Pembangkit Batubara Bikin Polusi Di Jakarta

“Silakan ditanyakan saja para caleg itu, Anda mau pilih Rp 1,2 triliun untuk memajukan dunia peralkoholan, atau memajukan air bersih untuk rakyat?,” kata Anies, Jumat (8/3). 


Dukungan rencana Anies ini mendapat dukungan dari Sandiaga Uno. Mantan Wagub DKI itu mengatakan, kepemilikan saham di perusahaan bir itu tidak strategis. Menurutnya jika saham dijual, dananya bisa untuk membangun fasilitas publik. Sehingga, memiliki lebih banyak dampak yang positif pada masyarakat. “Kalau penjualannya Rp 1,5 T, itu bisa digunakan untuk membangun fasilitas publik seperti ini, seperti kolam renang, fasilitas yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Warga dunia maya pun ikutan mendukung. Beberapa di antaranya disampaikan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid di akun Twitter miliknya. Ia mengajak follower-nya untuk mendukung Anies. “PKS bilang, ini aspirasi warga DKI. Selain itu, juga janji kampanye Pak Anies. Lazimnya, wakil rakyat/anggota DPRD awasi Gubernur agar laksanakan janji kampanye. Bukan malah halang-halangi gubernur laksanakan janji kampanyenya,” cuit @hnurwahid.

Cuitan itu mendapat ragam tanggapan dan dukungan. “Siap dukung Bang Anies,” cuit @harieArie2. Akun @CakKhum ikutan bersyukur. “Alhamdulillah warga Jakarta yang punya gubernur akal sehat,” kicaunya. 

Berita Terkait : Bersihkan Jalan Thamrin, Anies Dinyinyirin Loyalis Ahok

Sementara puluhan netizen lain, mengkritik PDIP yang dianggap menghalangi penjualan saham ini. Sejumlah selebtwet seperti @ustadtengkulzul dan @haikal_hassan dengan nada retoris bertanya, siapa sih nama partai dan fraksi yang menolak kebijakan ini. “Alhamdulillah masyarakat udah pada tahu,” jawab @jawara_B411. [BCG]

RM Video