RMco.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan genap tiga tahun memimpin DKI Jakarta. Ketua Umum Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia Agung Nugroho  puas dengan kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sektor pelayanan kesehatan. Meskipun, ditekankannay, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus cepat diberesin agar layanan kesehatan menjadi lebih baik.

  "Kalau secara keseluruhan di bidang kesehatan sudah oke. Untuk meningkatkannya, harus ada dorongan partisipasi warga dalam penanganan kesehatan," ungkap Agung Nugroho, saat mengomentari tiga tahun kepemimpinan Anies Baswedan, di Jakarta,, Jumat (16/10). 

Agung mencontohkan kinerja Anies tangani Pandemi Corona. Menurutnya, penanganan Corona DKI Jakarta cukup baik. Penilaian itu sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Rekan Indonesia di 33 provinsi. 

Berita Terkait : Cegah Klaster Keluarga, Pemerintah Susun Protokol Kesehatan Khusus

"DKI Jakarta  paling siap melakukan terobosan dalam penanggulangan penyebaran wabah Covid-19," imbuhnya.

Dia menilai, Anies memiliki komitmen  yang tinggi terhadap keadilan sosial bagi warganya dengan tetap mengutamakan prinsip keselamatan warga agar selamat dari Corona.  Disebukannya, terobosan dilakukan Anies antara lain, melakukan penambahan ruang isolasi dan memanfaatkan rumah sakit swasta dan hotel sebagai ruang isolasi. Kemudian, melakukan penambahan tenaga kesehatan dan penyediaan obat-obatan bagi warga. 

"Pemprov DKI juga terlihat serius menekan angka positif Corona dengan model PSBB yang terarah dan terukur. Upaya itu juga disertai dengan tracing dan tes swab," ucapnya.

Berita Terkait : Satgas Covid-19 Minta Layanan Kesehatan Transparan Soal Harga Swab Test

Agung memuji kebijakan penyediaan nomor telpon gratis 119 untuk akses ambulan jenazah serta pengadaan ambulan jenazah air di Kepulauan Seribu. 

"Keberadaan ambulance jenazah air amat dibutuhkan warga. Sebelumnya warga mengeluarkan duit cukup besar untuk dapat menyewa kapal komersil saat mengangkut jenazah keluarga atau kerabatnya dari daratan ke pulau atau dari pulau ke pemakaman," terangnya. 

Saat ditanya soal Pekerjaan Rumah  Anies, Agung menjawab, salah satu yang mendesak meningkatkan grade RSUD menjadi tipe A. SRF