RMco.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor mengaku mendapat kabar, yang menyebut pimpinan FPI Rizieq Shihab tak bersedia menjalani tes swab.

Saat ini, Rizieq sedang dirawat di RS Ummi, Kota Bogor.

Baca Juga : Lutfi Suntikkan Vitamin

Informasi tersebut disampaikan Bima Arya pada Jumat (27/11) ketika diminta tanggapan soal usulan agar Rizieq menjalani tes swab. Untuk memastikan, apakah dia terjangkit Covid-19 atau tidak.

 "Saya mendapat laporan dari Tim Dinas Kesehatan yang tadi sore datang ke RS Ummi, untuk membicarakan soal tes swab kepada  Rizieq. Pihak keluarga tak bersedia, jika Rizieq dites. Tapi, tidak ada alasannya," kata Bima seperti dikutip Antara, Jumat (27/11).

Baca Juga : Korban Gempa Kangen Dilongok Jokowi

"Kota Bogor itu wilayah tugas saya. Karena itu, saya akan mendatangi rumah sakit untuk meminta klarifikasi, mengapa menolak," imbuh Bima, yang juga Kepala Satgas Penanangan Covid-19 Kota Bogor.

Pemerintah Kota Bogor menyarankan Rizieq untuk menjalani tes swab, sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Baca Juga : Ngeri Juga Ngiri

"Ini untuk memastikan posisi seseorang, apakah negatif atau positif Covid-19. Tujuannya, untuk keselamatan orang yang menjalani tes, yakni Rizieq, serta untuk keamanan dan keselamatan semua tenaga kesehatan di rumah sakit yang merawatnya," pungkas Bima. [HES]