RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terpapar Corona. Untuk menghindari penyebaran virus mematikan itu di Balai Kota, tempat kerja Riza ditutup selama tiga hari. Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan santai saja. Kemarin, Anies masih ngantor seperti biasa. Anies, kok nggak ada takutnya ya?

Ruang kerja Riza dan Anies sebenarnya tidak jauh. Riza di Gedung B Balai Kota Jakarta, sedangkan Anies di Balai Agung, Balai Kota Jakarta. Gedungnya samping-sampingan. Di dalamnya bahkan terkoneksi. Hanya terhalang ruangan-ruangan kecil.

Meski gedung di samping tempat kerjanya sedang disterilisasi, Anies tampak santai. Mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) warna cokelat dengan jaket hitam Persija, dia masuk ke ruang kerjanya tanpa waswas.

Berita Terkait : Anies Jadi Donor Darah Plasma Konvalesen

Di dalam, Anies memimpin sejumlah rapat secara virtual. Anies juga mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Kepada Luhut, Anies melaporkan, dampak libur panjang alias long weekend Maulid Nabi Muhammad mulai terasa. Sebab, daerah yang dipimpinnya menjadi salah satu provinsi dengan angka pertumbuhan kasus positif Corona yang cukup signifikan usai long weekend.

Kesimpulan itu didapat Anies setelah tim melakukan penelusuran kontak (contact tracing) usai long weekend. Hasilnya, klaster keluarga kembali bermunculan. Kata Anies, dari penelusuran sementara, klaster keluarga ini sempat bepergian ke sejumlah lokasi saat long weekend.

Berita Terkait : Anies Seirama Dengan Jokowi

"Setelah kita lakukan pelacakan dan penelusuran mayoritas keluarga ini bepergian ke Bandung, Semarang, Lampung dan beberapa tempat di Jawa Timur," ungkapnya.

Dia juga melaporkan, kasus terkonfirmasi positif di DKI Jakarta pada periode 25-30 November 2020 mencapai 8.598. Padahal, periode 28 Oktober sampai 3 November 2020, angka positifnya hanya 5.168 kasus. Data ini yang kemudian membuat Anies mengusulkan agar meniadakan libur panjang di akhir tahun.

Di dalam rapat, Anies tak membahas mengenai Riza. Dia juga tidak menerangkan kondisi kesehatan dirinya, setelah wakilnya positif Corona.

Berita Terkait : Anies Nyindir Risma?

Yang menerangkan ihwal kondisi Anies adalah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti. Widyastuti ikut dalam rapat tersebut. Dia melihat, Anies dalam kondisi sehat walafiat. "Sehat. Barusan rapat dan masih beraktivitas seperti biasa," ungkapnya kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya