Sumenep Diguncang Gempa M 5,0, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi Gempa. (Foto: BMKG)
Klik untuk perbesar
Ilustrasi Gempa. (Foto: BMKG)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi terjadi pada hari Selasa (2/4) pukul 08:22:44  WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 114,6° BT dan 7,24° LS, dengan magnitudo M 5,0 pada kedalaman 10 km, berjarak 84 km tenggara Sumenep, Jawa Timur.

Berita Terkait : Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa M 6,7

The United States Geological Survey (USGS), Amerika, menginformasikan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 114,537° BT dan 7,212° LS, dengan magnitudo M 4,6 pada kedalaman 21,3 km.
Pulau Madura mayoritas  merupakan  bagian  dari  Antiklinorium  Rembang Madura, yang   berkaitan  dengan  aktifitas  Zona Patahan  Rembang-Madura-Kangean-Sakala  (RMKS), dan   hanya  sebagian  kecil  yang merupakan pedataran  pantai yang berupa dataran aluvial. 

Berita Terkait : Tuapejat, Sumatera Barat Diguncang Gempa M5,1

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya yang dangkal, gempa bumi ini di sebabkan oleh aktivitas sesar di lokasi tersebut. Berdasarkan data BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan dengan intensitas II - III skala MMI (Modified Mercalli Intensity) di Situbondo, serta II skala MMI di Denpasar dan Singaraja.

Berita Terkait : Gempa M5,0 Guncang Jember, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. [SRI]