Warga Gunung Putri Harap Waspada

Sungai Cikeas Meluap, 14 Ular Sanca Lepas, 8 Masih Dicari

Salah satu ular sanca yang ditemukan di Vila Mahkota Pesona, Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/4). (Foto: Twitter @Sutopo_PN)
Klik untuk perbesar
Salah satu ular sanca yang ditemukan di Vila Mahkota Pesona, Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/4). (Foto: Twitter @Sutopo_PN)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Akibat meluapnya Sungai Cikeas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 14 ular sanca peliharaan warga dikabarkan lepas. 6 ekor ular sanca sepanjang 4 m, telah ditemukan. 8 ekor ular sanca masih dicari.

Informasi ini disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, lewat akun Twitter @Sutopo_PN, Sabtu (27/4) malam.

Baca Juga : Wabah Corona Sudah Renggut 43 Nyawa, Iran Larang Warganya Keluar Rumah

"Warga dimohon waspada terkait lepasnya 14 ekor ular sanca peliharaan warga Parungdendek Wanaherang dan Citeureup, akibat meluapnya Sungai Cikeas. Jika menemukan, laporkan kepada petugas/relawan," kata Sutopo.

Sutopo mengimbau, agar warga yang melihat ular tak gegabah menangani sendiri. Apalagi, saat ini kondisinya hujan. berlumpur, dan licin. Petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk mencari ular tersebut. Selain itu, pemilik dan para relawan juga ikut melakukan pencarian. 

Baca Juga : Tingkatkan Jumlah Penumpang, MRT Dorong Integrasi dengan Transjakarta

Setelah ditemukan, ular itu akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat, atau dikembalikan ke pemiliknya. "Dalam prosesnya, juga melibatkan Damkar yang punya keterampilan untuk mencari ular. Kan tidak semua orang berani. Nanti diserahkan ke BKSD. Ada juga yang dikembalikan ke pemilik," ujar Sutopo. [HES]