RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengakui bahwa mantan Ketum PPP, M Romahurmuziy alias Romy, pernah ‎merekomendasikan secara langsung terkait sosok Haris Hasanuddin. Haris saat itu sedang mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

"Oh ya, yang terkait dengan Haris Hasanuddin hanya masukan dari Romahurmuziy (yang secara langsung)," ungkap Lukman saat bersaksi di sidang perkara dugaan jual-beli jabatan pada lingkungan Kemenag, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/6).

Baca Juga : Mantap! Madu Lestari, Mitra Binaan PLN Go International

Namun demikian, Lukman mengklaim sama sekali tidak ada intervensi atau keharusan untuk menjalankan rekomendasi dari siapa pun dalam proses seleksi jabatan itu. Termasuk dari Romy. Pemilihan pejabat mutlak ada di tangan Pansel dan Panpel.

"Sama sekali tidak. Saya merasa saya cukup mandiri untuk menjalankan kewenangan saya sebagai menag tanpa intervensi dari pihak mana pun," tegas Lukman. 

Baca Juga : DPRD Mau Sisihkan Anggaran Buat Tangani Banjir

Selain merekomendasikan sendiri, Romy juga membawa nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kepada Menag, Romy menyatakan bahwa Haris juga direkomendasikan Khofifah dan para ulama.

"Yang terkait dengan Saudara Haris, seinget saya Saudara Romahurmuziy pernah menyampaikan kepada saya itu mendapat semacam rekomendasi dari pejabat, Gubernur Jatim beberapa tokoh ulama memberi apresiasi saudara Haris. Itu hanya sebagai saran dan masukan," terangnya. [OKT]