TerimaHasilMK Jadi Trending Topic

Katro, Kalau Nolak Putusan MK

Ekspresi kegembiraan Ketua Tim Hukum 01 Yusril Ihza Mahendra (melambaikan tangan) bersama anggota tim hukum Jokowi-Maruf lainnya,  pasca putusan MK yang menolak seluruh gugatan Prabowo-Sandi dalam sengketa Pilpres 2019, Kamis (27/6). (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka)
Klik untuk perbesar
Ekspresi kegembiraan Ketua Tim Hukum 01 Yusril Ihza Mahendra (melambaikan tangan) bersama anggota tim hukum Jokowi-Maruf lainnya, pasca putusan MK yang menolak seluruh gugatan Prabowo-Sandi dalam sengketa Pilpres 2019, Kamis (27/6). (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Jagat dunia maya seharian kemarin dipenuhi topik seputar putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Ada banyak tanda pagar (tagar) muncul. Salah satu yang ngetop adalah #TerimaHa- silMK. Tagar ini bahkan sempat jadi trending topic Twitter Tanah Air.

Hingga pukul 7 malam tadi, tagar #TerimaHasilMK sudah dicuitkan 17 ribu netizen. Mereka meminta semua pihak menerima hasil MK. Terutama, yang kalah. Akun @wanakumara, misalnya, mencuit begini, “Cebong the winner, Kampret game over” dengan disertakan tagar #TerimaHasilMK. Tweeps @salendra18 mencuitkan hal yang hampir sama.

“Selamat untuk Jokowi-Ma’ruf sebagai pemenang pilpres & selamat untuk Prabowo-Sandi jadi Runner up di pilpres kali ini #TerimaHasilMK,” tulisnya. Akun @agussuny mengingatkan, para hakim konstitusi adalah orang- orang pandai dan independen. Karena itu, putusan mereka pasti tak sembarangan. “#TerimaHasilMK karena mereka orang-orang pandai dan merdeka,” kicaunya.

Baca Juga : Soal Upah Buruh, Ini Penjelasan Aice

Hal ini diamini @SugarKey1. Dia meminta masyarakat tidak meragukan hakim. “9 hakim adalah pakar dalam tata negara & konstitusi, maka terbiasa bicara soal epistemis & praktis. Maju ke hadapan mereka wajib bawa bukti, jangan cuma pintar bicara (lebih celaka lagi asbun). Saya yakin putusan MK ini yang terbaik. #TerimaHasilMK,” ujarnya.

Sementara, akun @masyos_ meminta masyarakat bersikap dewasa. “Kepada semua pihak, #TerimaHasilMK dengan legowo ya, plis. Negara ini umurnya udah 73 tahun, udah jauh melebihi dewasa harusnya,” imbau dia. “Yang masih ribut ga terima hasil MK, Katrok!! #TerimaHasilMK,” sambar @addicted1979.

Akun @Muhammadmufty__ menyitir pernyataan eks ketua MK Mahfud MD yang menyebut, vonis MK mengikat dan tidak bisa dilawan. “Vonis MK langsung mengikat, tak bisa dilawan. Jangan sampai timbul masalah baru dengan tindakan-tindakan yang destruktif dari pihak mana pun. Menjaga Indonesia adalah menegakkan supremasi hukum (Mahfud MD) #Teri-maHasilMK,” tuturnya.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Sedangkan akun @AfifFuadS mengingatkan, yang menang tidak kelewat gembira. Dan yang kalah, juga tak kecewa berlebihan. “Apa pun yang terjadi, kalah misalnya, ndak usah kecewa berlebih, menang umpama jagoannya, ndak usah kelewat gembira, apapun keputusan MK, aku titip cuman satu, tetaplah bernapas saudara!” pesannya.

Akun @nannov11 mencuit bijak. “Sebelum #TerimaHasilMK, mending terima diri sendiri dulu deh. Introspeksi diri sendiri supaya lebih lega menjalani hari- hari. Jangan lupa kerja!” sarannya. Ada juga yang bersyukur karena putusan MK ini mengakhiri sengketa Pilpres yang berkepanjangan. “Done... finally. #TerimaHasilMK #Putusan­- MKYangTerbaik #JokowiMenangLagi,” tulis @achiarry.

Yang pasti, banyak yang menginginkan kedamaian pascaputusan MK ini. “Apa pun putusannya, harus, kudu, wajib #TerimaHasilMK nggak usah rusuh,” pinta @isaayyy_.

Baca Juga : Sejumlah Wilayah Di Indonesia Rentan Rawan Pangan

Meski topiknya tampak berat dan serius, cuitan para Tweeps tak melulu serius. Ada juga yang mencuit candaan, dikait-kaitkan dengan percintaan. “Sama seperti kau menerimaku apa adanya, aku juga akan menerima apa pun keputusan yang akan diambil untuk keberlangsungan Indonesia. #Terima- HasilMK,” cuit @rinomafahrezi.

Ada yang mengingatkan soal realita sehari-hari yang tak akan berubah siapa pun pemenang Pilpres. “Apa pun keputusannya, hari Senin tetep masuk kerja #TerimaHasilMK,” tutur @ Pratamadiky_. Ada juga yang mencuit nyinyir. “Keputusan Allah nggak percaya, sama KPU nggak percaya, sama MK nggak percaya, sama MA nggak percaya. kalian nyembah gelas ale ale aja deh mendingan, ribet. #TerimaHasilMK,” seloroh @Pasukan_5emut. [OKT]