Dalami Rekam Jejak Capim, KPK Undang Pansel

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka)
Klik untuk perbesar
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah (Foto: Tedy O Kroen/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang Pansel Capim KPK untuk melihat bukti-bukti dan data, terkait rekam jejak para kandidat yang kini menjalani tahap wawancara dan uji publik.

Undangan dalam bentuk softcopy surat ke Sekretariat Pansel ini dilayangkan KPK, untuk meyakinkan Pansel bahwa penelusuran rekam jejak yang hasilnya disampaikan komisi antirasuah itu didukung fakta.

Berita Terkait : Soal Masiku, BG Puji KPK

"Untuk mendukung fakta dan data pendukung, maka KPK mengundang Pansel pada hari Jumat, 30 Agustus 2019, pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai," ujar Jubir KPK Febri Diansyah melalui pesan singkat, Rabu (28/8).

Eks aktivis ICW itu menegaskan, KPK merasa perlu mengundang Pansel dan menunjukkan bukti-bukti mengenai catatan hitam sejumlah kandidat.

Baca Juga : Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disetop Sementara

"Hal ini perlu kami lakukan, sebagai bentuk dukungan penuh pada proses seleksi Pimpinan KPK, agar menghasilkan orang-orang terbaik dan tidak bermasalah," tegasnya.

Beberapa hari belakangan ini, KPK dan Pansel memang tampak kurang akur. Agak tegang. Komisi pimpinan Agus Rahardjo Cs kurang sreg, karena Pansel pimpinan Yenti Ganarsih meloloskan beberapa kandidat yang dianggap bermasalah.

Baca Juga : SGU-Deltomed Ciptakan Herbal Pencegah Diabetes serta Penyembuh HIV dan Kanker

Masalahnya antara lain: tidak patuh melaporkan hartanya secara periodik dan tepat waktu, tak patuh melaporkan gratifikasi yang diterima, pernah menghalangi kerja KPK hingga melanggar kode etik. KPK dan Pansel pun saling membalas pernyataan. [OKT]