Jadi Satu-satunya Wakil KPK, Alexander Marwata Siap Uji Kelayakan di DPR

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata adalah salah satu dari 10 nama capim komisi antirasuah, yang diserahkan kepada Presiden Jokowi.

Mantan Hakim Pengadilan Tipikor itu mengaku bersyukur telah menjalankan serangkaian tes, sampai akhirnya lolos 10 besar.

Berita Terkait : Memangnya, Firli Bisa Garap Kakap

Selanjutnya, Alex mengaku siap untuk bersaing dengan 10 peserta lainnya dalam uji kelayakan oleh DPR. "Saya ikuti prosesnya, saya (siap) ikuti‎ fit and proper test," ujar Alexander Marwata saat dikonfirmasi, Senin (2/9).

Menurut Alex, Pansel Capim KPK yang digawangi Yenti Ganarsih sudah bekerja secara independen. Dia pun meyakini Pansel mengantongi data-data yang lebih lengkap tentang capim KPK dibanding lembaga lainnya.

Berita Terkait : Alex Marwata Sebut Penghentian Penyelidikan 36 Perkara Sudah Sesuai Mekanisme

Karena itu, Alex, satu-satunya calon dari KPK, enggan mengomentari peserta lainnya yang juga lolos 10 besar. Apalagi sistem seleksi dari tiap tahapan sudah dilakukan secara terbuka.

"Saya pikir, Pansel punya data lebih lengkap dan dapat masukan dari banyak pihak. Seperti Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Intelijen Negara (BIN)," tutupnya. [OKT]