Rommy Juga Didakwa Terima Suap Rp 91,4 Juta Dari Kepala Kantor Kemenag Gresik

M Romahurmuziy. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Klik untuk perbesar
M Romahurmuziy. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Selain dari Haris Hasanudin, bekas Ketua Umum PPP M Romahurmuziy alias Rommy juga didakwa menerima uang Rp 91,4 juta dari M Muafaq Wirahadi. Uang tersebut untuk memuluskan proses pengangkatan Muafaq sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik.

Jaksa menyebut, Rommy sebagai anggota DPR melakukan intervensi langsung maupun tidak langsung terhadap proses pengangkatan Muafaq tersebut. Padahal Muafaq tidak diusulkan sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Berita Terkait : Mantan Menpora Imam Nahrawi Didakwa Terima Suap Rp 11,5 Miliar

Jaksa menuturkan, Muafaq menemui Haris Hasanudin selaku Plt Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur untuk meminta bantuan agar namanya diusulkan jabatan tersebut. 

Muafaq juga disebut jaksa meminta bantuan Abdul Rochim agar dikenalkan oleh Rommy. Abdul Rochim adalah sepupu Rommy. "Terdakwa melakukan pertemuan dengan Muafaq di sebuah hotel di Surabaya. Dalam pertemuan itu Muafaq meminta bantuan terdakwa untuk menjadikan dirinya sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik yang kemudian disanggupi oleh terdakwa," ujar jaksa. 

Baca Juga : Jakarta Diminta Nyontek Singapura dan Tokyo

Haris kemudian mengusulkan nama Muafaq sebagai calon Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik bersama Akhmad Sruji Bahtiar dan Syaikhul Hadi. Pada 31 Desember 2018, Muafaq pun diangkat dari jabatan tersebut. 

Haris Hasanudin menyampaikan kepada Muafaq Wirahadi agar menemui Romy karena terpilihnya Muafaq sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik adalah atas bantuan dari anggota DPR itu.  

Baca Juga : Semoga Virus Corona Nggak Nyebar Via Transportasi Publik

Atas perintah tersebut, jaksa menyebut Muafaq menemui Rommy di hotel Aston, Bojonegoro dan membahas kompensasi yang akan diberikan untuk eks Ketum PPP tersebut. Setelah itu, Muafaq memberikan uang Rp 41,4 juta kepada Abdul Wahab,sepupu Rommy yang sedang mencalonkan diri caleg DPRD Gresik dari PPP. Muafaq juga memberikan uang Rp 50 juta kepada Rommy di Hotel Bumi Surabaya. [OKT]