Profil Pimpinan KPK Periode 2019-2024 (3)

Lolos Seleksi Capim KPK, Nurul Batal Nyalon Rektor Universitas Jember

Nurul Ghufron, Pimpinan KPK Periode 2019-2024 (Foto: RRI)
Klik untuk perbesar
Nurul Ghufron, Pimpinan KPK Periode 2019-2024 (Foto: RRI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Nurul Ghufron adalah Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) termuda dalam periode kepemimpinan 2019-2024.

Dalam proses pemilihan usai uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Kamis (12/9) tengah malam, pria kelahiran Sumenep, 22 September 1974 itu berhasil meraih 51 suara.

Baca Juga : Kunjungan Bersama MPR, DPR, dan DPD ke Papua Wujud Solidaritas Lembaga Perwakilan Rakyat

Saat ikut Seleksi Pimpinan KPK, Nurul sebenarnya dihadapkan pada dilema. Pasalnya, ia juga bersiap mengikuti Pemilihan Rektor Universitas Jember Periode 2020-2024. Namun, Nurul tak mau buru-buru melangkah. Ia menantikan hasil seleksi Capim KPK terlebih dahulu, sebelum memutuskan mengikuti pemilihan rektor. Dan hasilnya, Nurul lolos Seleksi Capim KPK.

Saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR, Rabu (11/9), Nurul menyampaikan pandangannya terkait Revisi UU KPK, khususnya soal kewenangan mengeluarkan SP3.

Baca Juga : Kemenhub Minta Thermal Scanner Dipasang Di Stasiun Dan Terminal

Bagi Nurul, SP3 dimiliki KPK adalah sebuah keniscayaan. Sebab, aparat penegak hukum bisa saja melakukan kesalahan, dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka.

"Kita butuh SP3 sebagai jalan keluar, atas kemungkinan timbulnya kesalahan tersebut. Tidak semua yang disidik benar," kata Ghufron. [HES]