Negara dan Mahasiswa Bersinergi Tegakkan Hak Asasi Manusia

Politikus Partai NasDem Taufik Basari. (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Politikus Partai NasDem Taufik Basari. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Politikus Partai NasDem Taufik Basari mengapresiasi diskusi Optimalisasi Peran Negara Mahasiswa dan Pemuda dalam Mewujudkan Hak Asasi Manusia untuk Indonesia Berkeadilan yang diselenggarakan Forum Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta Demokrasi.

Menurut Taufik, diskusi tersebut sangat baik dalam rangka memperingati Hari HAM sedunia yang diperingati pada 10 Desember.

Berita Terkait : Harga Jual Gas Industri Dipangkas, Bisa Berdampak Ke Saham PGN

"Agar dapat mengapresiasi dan mengimplementasi mahasiswa, pemuda, pelajar dan ormas dalam pemahaman HAM yang baik di era milenial dan mengkampanyekan dalam kehidupan sehari-hari agar lebih optimal," kata dia saat diskusi, Jakarta, Selasa (10/12).

Terkait berbagai pelanggaran HAM masa lalu, Taufik menilai pemerintah masih punya pekerjaan rumah (PR) yang besar dalam penyelesaiannya.

Baca Juga : Angkasa Pura I Makin Getol Bersih-bersih di Bandara

Menurut dia, kasus dugaan pelanggaran HAM harus diselesaikan dengan memberikan jaminan dan perlindungan HAM agar tidak menggantung.

"Tantangan ke depan bukan suatu kelemahan dalam melaksanakan penuntasan pelanggaran HAM agar tidak digantung kasus HAM masa lalu dan yang akan datang," kata dia.

Baca Juga : Di Atas Tenang, Di Bawah Tegang

Sementara itu, Wakil Ketua Kontras Ferry Kusuma mengatakan evaluasi kinerja Pemerintah terhadap penyelesaian pelangaran HAM penting dilakukan.

"Evaluasi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah penanganan kasus HAM sudah berjalan dengan baik atau belum," pungkasnya.[SRI]