Jalur Sukabumi Longsor Lagi, Perjalanan KA Pagi Ini Cuma Sampai Stasiun Cigombong

Ilustrasi Stasiun Cigombong (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Ilustrasi Stasiun Cigombong (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Longsor kembali terjadi di jalur kereta api (KA) Sukabumi-Bogor. Kejadian tanah longsor di KM 17+400 itu menutup lintasan kereta api antara Stasiun Maseng-Cigombong.

Akibat kejadian ini, KA jurusan Sukabumi-Bogor hanya beroperasi sampai Stasiun Cigombong. "PT KAI Daop 1 Jakarta menetapkan pada Senin 23 Desember 2019, perjalanan Kereta Pangrango pertama KA 221, keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.15 WIB menuju Stasiun Bogor, hanya dapat dilakukan sampai dengan Stasiun Cigombong. Selanjutnya, KA tersebut akan beroperasi kembali dengan relasi Cigombong-Sukabumi," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, Eva Chairunissa dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/12).

Baca Juga : Di Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Walkot Tangerang Paparkan Capaian dan Evaluasi Kerja

KAI memprediksi, proses pengerukan longsoran dan perbaikan jalur rel, dapat diselesaikan pada hari ini juga, sekitar pukul 09.00 WIB. Jadwal keberangkatan KA relasi selanjutnya, diharapkan bisa berjalan sesuai jadwal.

"Berdasarkan estimasi waktu tersebut, untuk perjalanan KA relasi Sukabumi - Bogor selanjutnya KA 225 dengan jadwal keberangkatan pukul 10.25 WIB, diupayakan dapat beroperasi normal," jelas Eva.

Baca Juga : Indonesia Genjot Kunjungan Wisman dari Prancis

Petugas prasarana PT KAI Daop 1 bekerja sama dengan Satker DJKA Kemenhub, terus mengupayakan percepatan perbaikan jalur rel yang terdampak longsor, menggunakan alat berat.

Untuk sementara waktu, masyarakat pengguna jasa KA apat menggunakan moda transportasi lain. Seluruh informasi perjalanan KA Pangrango, secara berkelanjutan akan diumumkan di seluruh stasiun lintas Bogor-Sukabumi.

Baca Juga : Sofyan Djalil: Omnibus Law Jalan Keluar Penciptaan Lapangan Kerja

Masyarakat juga dapat mengetahui informasi perjalanan KA melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero). Di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan Pelanggan cs@kai.id dan media sosial Facebook/Twitter/Instagram @keretaapikita. [KPJ]