Front Pemuda Muslim Maluku Ikut Amankan Natal di Jakarta

Badri Tubaka (tengah). (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Badri Tubaka (tengah). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) menerjunkan sekitar 250 anggotanya untuk ikut mengamankan Misa Natal di sejumlah gereja di wilayah DKI Jakarta, Selasa malam (24/12).  Ketua Bidang Organisasi DPP FPMM, Badri Tubaka, mengatakan, kegiatan pengamanan Natal sudah menjadi agenda rutin sejak 2011. Ini sebagai bentuk toleransi antarumat beragama di Indonesia.         

Agenda itu pertama kali diinisiasi Ketua Umum FPMM Umar Ohoitenan. "Bang Umar ingin agenda pengamanan malam Natal dan malam Tahun Baru jadi agenda tahunan organisasi," kata Tubaka, di Gereja Katedral Jakarta, Selasa malam (24/12).        

Berita Terkait : Sleman Siap Amankan Pasokan Cabe ke Jakarta Hingga 3 Bulan ke Depan

Ia mengatakan, pengamanan tersebut tidak lain untuk menjaga kamtibmas di gereja yang ada di Jakarta. "Kami sangat peduli dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Karena bagi kami semua warga harus mendapat perlindungan dari ancaman tindakan kriminal, agar terciptanya rasa aman. Selain membantu kepolisian, kami siap lahir batin menjaga agar negara ini tetap aman dan damai pada perayaan Natal dan Tahun Baru," ungkapnya.      

Sebenarnya, kata dia, tidak ada permintaan secara khusus kepada pihaknya baik dari kepolisian maupun pihak gereja. "Jadi, partisipasi kami hanya membantu dan mulai patroli ke beberapa gereja di mulai pukul 7 malam sampai acara ibadah Natal selesai," tambah Tubaka.      

Baca Juga : BMKG: Waspada, Potensi Hujan Lebat Pada 24-29 Januari 2020

Selain penjagaan pada malam Misa, Tubaka yang juga didampingi Ketua DPW FPMM DKI Jakarta, Safri Ayuba, dan Ketua DPD FPMM Jakarta Pusat, Taib Nasela, mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan pengamanan pada malam pergantian tahun nanti. Sehingga dengan demikian dapat tercipta rasa aman. "Jadi saudara kita yang akan mengadakan ibadah malam Natal dan malam pergantian tahun bisa merasa aman," tutup Tubaka.  

FPMM juga menyebar ratusan spanduk ucapan Natal dan Tahun Baru yang tersebar di lima wilayah DKI. "Ada sekitar kurang lebih 130 spanduk yang kita sebar, satu daerah administrasi sekitar 25 sampai 26 spanduk," Safri Ayuba. [BCG]