Sampai Senin Besok, Adian Dirawat di National University Hospital, Singapura

Adian Napitupulu (Foto: Instagram)
Klik untuk perbesar
Adian Napitupulu (Foto: Instagram)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Usai kolaps di dalam pesawat Kamis (19/12), Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu menjalani perawatan di National University Hospital Singapura.

Adian dirawat di Singapura sejak 23 Desember lalu. Menurut rencana, dia baru dibolehkan pulang pada Senin (30/12).

Staf Adian di DPR, Musyafaur Rahman mengungkapkan, kondisi Adian sehat, fit, bisa makan. Eks Aktivis 98 ini juga lancar ngobrol dengan orang lain.

"Secara medis, yang jadi penyebab kejadian Bang Adian pingsan di pesawat, bukan serangan jantung," tuturnya kepada wartawan, Sabtu (28/12).

Baca Juga : Masuk Dekade Baru, Dubes Esti Ingin RI Mantapkan Kolaborasi Dengan Italia

Kini, Adian dalam proses observasi tim dokter. Ia juga telah menjalani kateterisasi jantung. Sebelumnya, Adian juga diperiksa dengan CT Scan. Dari pemeriksaan tersebut, teridentifikasi penyumbatan di pembuluh darah utama jantungnya, hingga di atas 60 persen. 

Kata dia, hasil kateterisasi jantung terbaru menunjukkan semua pembuluh mengalirkan darah dengan lancar. Penyumbatan sudah di bawah 30 persen.

Sekadar latar, Adian pingsan di pesawat dalam penerbangan Jakarta-Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Kamis (19/12). Dia sempat dibawa ke RS PKU Muhammadiyah, Palangkaraya, dan didiagnosis mengalami gagal jantung berulang.

Ia lantas dipindahkan ke RSUD dr Doris Sylvanus. Diagnosis RSUD ini berbeda dari sebelumnya. Adian disebut mengalami penurunan tekanan darah akut.

Baca Juga : Perang Melawan Virus Wuhan, China Mobilisasi Dokter Militer

Sebelum dibawa ke Singapura, Adian juga sempat menjalani perawatan di RS Siloam.Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Saat itu, tim dokter mendiagnosis empat kemungkinan penyebab Adian kolaps di pesawat. Yakni serangan jantung berulang, tekanan darah rendah akut, sempat diduga stroke, dan diduga keracunan makanan.

Lewat akun Instagram fans base Adian, @adianna70fans, kondisi Adian pun diklaim membaik. Ada dua foto yang diunggah akun ini, pada Sabtu (28/12).

Foto pertama, Adian yang tengah berpose dengan gagah memakai kaos putih, berkacamata hitam di depan papan nama National University Hospital Singapura.

Foto kedua, Adian memakai baju rumah sakit berwarna biru, tengah tertidur di ruang perawatan dengan sejumlah selang yang melilit di tubuhnya. Sudah lebih dari 3.000 warganet yang menyukai unggahan akun ini.

Baca Juga : Diversifikasi Pangan, Balitsereal Kembangkan Sorgum

"CT Scan beberapa hari sebelumnya mengidentifikasi 2 penyumbatan plus 1 penyumbatan di pembuluh darah utama jantung, hingga ada yg di atas 60 persen. Tapi, hasil kateter semua pembuluh darah lancar jaya, dengan penyumbatan di bawah 30 persen. Membingungkan dan tidak mengerti, tapi percayalah Tuhan bekerja dengan cara yang tak bisa kita duga dan tak terjangkau akal. Mari kita doakan terus kondisi Abang kita Adian Napitupulu, sampai pulih total dan dapat beraktivitas normal lagi. Amin," tulis akun ini sebagai caption.

Ratusan warganet mendoakan Adian lekas pulih. "Semangat Bang. Semoga lekas pulih dan beraktifitas kembali," tulis akun @suwarikaayu serupa dengan @nonie_hsbntdoohan.

"Tulangku Adian Napitipulu, sehat sempurna selalu dalam nama Yahweh. Amen." [FAQ]