Temani Ethes, Jokowi Mancing Kodok

NGEMALL: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana ngemall di Transmart, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah, kemarin. Jan Ethes juga diajak dan ditemani main. (Foto: Antara)
Klik untuk perbesar
NGEMALL: Presiden Jokowi dan Ibu Iriana ngemall di Transmart, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah, kemarin. Jan Ethes juga diajak dan ditemani main. (Foto: Antara)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi liburan akhir pekan kemarin dengan jalan-jalan ke mal bareng cucunya, Jan Ethes. Di sana, eks Wali Kota Solo itu menemani Jan Ethes menjajal beberapa jenis permainan. Mulai dari mobil-mobilan sampai mancing kodok.

Jokowi dan Ethes tiba di mal Transmart Kartsura, Sukoharjo sekitar pukul 10.20 pagi. Jokowi tampil seperti biasa dengan kemeja putih, celana hitam dan sepatu kets warna senada. Penampilan Jan Ethes persis dengan kakeknya. Kemeja putih, bawahan hitam dengan tas selempang hitam layaknya gaya anak muda saat ini.

Di edisi jalan-jalan kali ini, Ethes hanya ditemani kakek dan neneknya saja: Jokowi dan Ibu Iriana yang tampil santai dengan baju berwarna oranye. Ayah Ethes, Gibran Rakabuming Raka, diketahui sedang blusukan dan bersiap membuka acara kompetisi eSport Piala Mas Gibran di Diamond Convention Center, Solo. Anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep yang biasa ikut, kali ini pun tak terlihat karena sedang sibuk berbisnis.

Masuk ke dalam mal, Jokowi langsung disambut antusias para pengunjung mal. Mereka memanggil nama Jokowi berkali-kali. Jokowi balas menyapa. Ethes ikutan membalas sapaan warga yang memanggil namanya. "Hai," kata Jan Ethes melambaikan tangan sambil tersenyum.

Berita Terkait : Bertemu Presiden Jokowi, Tony Blair Happy Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota

Sambil menyapa masyarakat, mereka berjalan naik menuju ke Trans Studio Mini yang ada di lantai 4. Di sana, Ethes asyik mencoba beberapa jenis permainan. Mulai dari mobil-mobilan, radish panic, happy kangguru, main bola hingga mancing kodok. Jokowi terlihat mendampingi anak dari pasangan Gibran dan Selvi Ananda itu.

Dari permainan mancing kodok, Ethes pun mendapatkan hadiah berupa pistol bajak laut. Selama Ethes bermain, puluhan anggota Paspampres yang mengenakan kaos polo warna merah bata terlihat berjaga di sekitar area permainan.

Sekitar 40 menit bermain, Jokowi menuju pintu keluar. Ia melayani permintaan salaman dari warga dan foto bareng. Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi sempat mencicipi durian monthong yang ada di dekat pintu keluar. Mereka juga membawa 6 buah durian untuk dibawa pulang.

Setelah sempat melakukan swafoto dengan sejumlah pengunjung, rombongan meninggalkan mal dengan kawalan puluhan Paspampres dan aparat keamanan. Jokowi juga membagikan puluhan buku edukasi dan kaus berwarna hitam kepada warga.

Berita Terkait : Jokowi Masih Buka Pintu Maaf

Petugas kasir TimeZone, Lani Nur Aisyah, mengatakan Jokowi membelikan tiga kartu untuk Jan Ethes. Satu kartu harganya Rp 220 ribu. "Jadi totalnya Rp 660 ribu," kata Lani.

Aksi Ethes nge-mal bersama kakeknya ini menjadi salah satu topik yang diperbincangkan warganet. Pengunjung yang kebetulan bertemu dan bisa berfoto bareng Jokowi memamerkan momen tersebut di linimasa Twitter. Seperti yang disampaikan akun @vitavitaaa_ yang mengaku kebetulan bisa bertemu Jokowi. "Ada dedek Jan Ethes maen sama embah, Pak Jokowi. Gemesin banget Jan Ethes," ujarnya.

Akun @cepzhan mengabarkan kehadiran Jokowi itu kepada followernya. "Jan Ethes lagi di Trans Studio Mini. Ayo cepetan ke sini yang mau ketemu," ujarnya. "Saya juga ketemu Jokowi dong di Solo," timpal @biancathh. Sementara akun @djedjeandrea penasaran kenapa Kaesang tak ikutan jalan-jalan. "Bos pisang kenapa gak diajak Pak," ujarnya sambil me-mention akun Kaesang.

Pemilik akun @heiibulbdog berharap Jokowi terus melanjutkan agenda jalan-jalan ke mal bareng keluarga. Dengan begitu masyarakat bisa menyapa pemimpinnya dari dekat. "Saya bahagia bisa melihat Jokowi menyapa warga. Semoga Indonesia semakin lebih baik ke depan. Selamat Natal dan Tahun Baru, Pak Jokowi," ucapnya.

Berita Terkait : Jokowi Mau Reshuffle, Fakta Apa Hoaks ya..?

Senada disampaikan Tavip Kadiaman yang mengaku bangga bisa bertemu Jokowi dan keluarga. " Saya dan istri swmpat berfoto bersama beliau. Senangnya," tutupnya. [BCG]