Anies Jadi Gubernur Paling Populer

Ahokers Panas Dingin Nih ...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: IG@aniesbaswedan)
Klik untuk perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: IG@aniesbaswedan)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, jadi gubernur paling populer se-Indonesia. Dari 10 gubernur dan wakil gubernur, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, bertengger di puncak sebagai penguasa panggung pemberitaan sepanjang 2019. Wah, para Ahokers bisa makin panas dingin aja nih...

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang mengungkapkan, dari 10 gubernur itu ada empat gubernur yang mendominasi pemberitaan media. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Rid wan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Keempat gubernur ini merepresentasikan provinsi besar di Pulau Jawa. “Empat gubernur terpopuler paling atas ditempati gubernur yang memiliki karakter media darling,” kata Rustika, di Jakarta, kemarin.

Rustika memaparkan, setahun terakhir, Anies menghiasi sekitar 83.627 berita. Pernyataan Anies dikutip media sebanyak 190.574 pernyataan. Pemberitaan Anies banyak disorot terkait persoalan seputar DKI Jakarta, baik isu polemik maupun program kerja.

Berita Terkait : Dua Nama Cawagub DKI Sudah Di Tangan DPRD

Selain itu, beberapa isu viral yang disorot publik adalah pengadaan anggaran dan pengaturan tata letak pembangunan infrastruktur DKI Jakarta. Yang paling ramai adalah pemberitaan soal perluasan trotoar dan revitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO) serta soal transparansi anggaran seperti kasus pengadaan lem Aibon.

“Media juga semakin memburu pernyataan Anies Baswedan menjelang akhir tahun untuk menjelaskan persoalan proses transparansi anggaran,” paparnya.

Selanjutnya, Ridwan Kamil menempati posisi kedua. Kang Emil, begitu Ridwan Kamil kerap disapa, muncul dalam 36.140 berita dalam setahun.

Berikutnya pada posisi ketiga, diduduki Khofifah Indar Parawansa. Mantan Menteri Sosial itu muncul dalam 31.010 berita. Sedangkan Ganjar Pranowo menempati posisi keempat. Politisi PDI Perjuangan ini menghiasi 25.662 berita di media online.

Berita Terkait : Gubernur dan Sekda Riau Dinilai Ngalahin Soeharto

Sementara di posisi kelima, ditempati Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan 22.229 berita. Posisi berikutnya, ditempati Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dengan 20.560 berita, Gubernur Riau Syamsuar dengan 18.203 berita, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dengan 16.208 berita, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey 11.273 berita.

Yang menarik, di posisi kesepuluh justru diduduki Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dengan 8.643 berita. “Emil Dardak menjadi satusatunya wakil gubernur yang masuk deretan figur terpopuler.

Isu yang banyak dikaitkan dengan Emil Dardak seputar isu pemberdayaan masyarakat khususnya milenial, seputar pengem bangan ekonomi digital, Industri 4.0 dan revitalisasi SMK hingga Madrasah,” terang Rustika.

Menanggapi survei ini, para Ahokers tidak terima dan menilai survei tidak valid. “Tak punya prestasi kerja,” cuit @torang_tamba senada dengan @akua nying. “King Aibon.” Serupa, akun @agungslamet1972 tak percaya.

Berita Terkait : Anies: Mayoritas Pengungsi Sudah Pulang Ke Rumahnya

“Gubernur terngeles dan termuter belit kata nomor 1 sedunia,” kicaunya disamber akun @iffaafiffah. “Tervokal mak sudnya banyak ngomong gitu ya.” Sedangkan akun @Hadib1s4 nyenggol soal Wakil Gubernur DKI yang hingga kini masih kosong.

“Gubernur yang sampe sekarang masih betah jomblo.” Tweeps dengan akun @ewi12lai lebih nyinyir. “Harusnya dibuat kategori terngeles dan pintar menyalahkan ya,” kicaunya disamber @DSsulithia. “Sumpah pengen tau, gimana survei nya,” tulis akun ini bertanya-tanya.

Sementara itu, akun @Balckhok_ID menyindir para pendukung Ahok yang pada gerah. “Kasian gerombolan haters Pak Anies, Tega banget bikin berita kek gini mulu. Apa gak takut mereka stroke,” ledeknya. [FAQ]