Salurkan Bantuan Keperluan Sehari-hari Hingga Tenaga Medis

Sinergi Lintas BUMN Bantu Korban Banjir di Tangerang

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (tengah) menyerahkan secara simbolis bantuan untuk korban banjir, di Posko Pengungsian Teluk Naga, Tangerang, Jumat (3/1). (Foto: Dok. AP II)
Klik untuk perbesar
President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (tengah) menyerahkan secara simbolis bantuan untuk korban banjir, di Posko Pengungsian Teluk Naga, Tangerang, Jumat (3/1). (Foto: Dok. AP II)

RMco.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) bersama PT Pertamina (Persero),  PT Sarinah (Persero), AirNav Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), dan PT INKA (Persero) bersinergi membentuk Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN untuk wilayah Tangerang. 

Tim tersebut merupakan bagian dari Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN yang ada di 10 wilayah yakni di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Bekasi, Karawang, Bogor, Tangerang dan Tangerang Selatan.

Seluruh tim tersebut dibentuk Kementerian BUMN di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan tujuan antara lain guna membantu masyarakat setempat memulihkan kembali kondisi lingkungan setelah terjadinya banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jabodetabek beberapa hari lalu.

Berita Terkait : Relawan Jokowi Fokus Kegiatan Kemanusiaan

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan, pihaknya berkoordinasi dengan BNPB agar bisa membantu masyarakat dalam memulihkan kondisi lingkungan masing-masing. Selain itu, beberapa BUMN juga menyerahkan bantuan mulai dari logistik hingga alat-alat kesehatan. “Hal ini sesuai dengan arahan Presiden agar kami berkoordinasi aktif dalam penyelamatan warga masyarakat,” ucap Erick seperti keterangan yang diterima redaksi, Jumat (3/1).

Ada pun Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN untuk Wilayah Tangerang mendirikan Posko Utama di Airport City di Kecamatan Teluknaga, atau terletak di belakang Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Posko Utama akan menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir di 5 kecamatan yakni Batu Ceper, Cipondoh, Neglasari, Teluk Naga, dan Kosambi.

Jumat (3/1), Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN untuk Wilayah Tangerang menyalurkan bantuan berupa perahu karet, mesin pompa penyedot air, selimut, popok bayi, air bersih, makanan dan minuman, peralatan mandi, terpal, pembalut wanita dan lain sebagainya. Selain itu, bantuan tenaga kesehatan seperti dokter dan tenaga ahli lainnya juga diterjunkan di wilayah terdampak banjir.

Baca Juga : Tinggikan Pintu Stasiun MRT

Bantuan secara simbolis diberikan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moh. Maesyal Rasyid di Posko Pengungsian Teluk Naga. 

“Kami akan bersinergi dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder untuk membantu masyarakat dalam memulihkan kondisi lingkungannya. Kami juga mengirimkan personel seperti dokter dan personel dengan kemampuan khusus lainnya ke lokasi untuk selalu membantu para korban banjir. Diharapkan situasi cepat kembali normal,” ujar Muhammad Awaluddin.

Hingga hari ini tercatat warga yang terdampak banjir di 5 kecamatan tersebut sebanyak 15.232 warga, dan diharapkan bantuan yang diberikan oleh Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN dapat meringankan beban warga.

Baca Juga : Masyarakat Rame-rame Nolak Larangan Dokumentasi Persidangan

Sinergi Lintas BUMN dalam penanganan banjir ini juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar seluruh pihak bahu membahu dalam membantu warga. "Ini harus dikerjakan bersama-sama. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota. Semua bekerja sama menangani ini. Saya ingin kerja sama dibangun Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kota. Sehingga semua bisa ditangani," ujar Presiden Jokowi. [USU]