Baznas Ajak Warga Bersihkan Rumah Ibadah

Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo (tengah) turun tangan langsung membersihkan musalla di kawasan Pengadegan, Jakarta Selatan, Senin (6/1). Foto: Humas Baznas
Klik untuk perbesar
Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo (tengah) turun tangan langsung membersihkan musalla di kawasan Pengadegan, Jakarta Selatan, Senin (6/1). Foto: Humas Baznas

RMco.id  Rakyat Merdeka - Banjir besar yang melanda Jabodetabek tak hanya merendam rumah warga. Ratusan tempat ibadah juga jadi korban. Untuk itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menginisiasi masyarakat untuk berkerja bersama membersihkan tempat ibadah, juga fasilitas umum yang lain.

Sebagai permulaan, Senin (6/1) siang, Ketua Baznas, Prof Dr Bambang Sudibyo turut membersihkan mushola di wilayah Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan. Wilayah ini menjadi salah satu yang terparah sejak banjir melanda pada Rabu (1/1) dini hari. Pada sebagian wilayah tersebut, hingga saat ini air masih menggenangi rumah-rumah. Sejumlah warga juga masih menghuni tempat pengungsian.

Berita Terkait : Jakarta Banjir Lagi, Pertamina Tanggap Salurkan Bantuan

Bambang Sudibyo mengatakan, bencana banjir ini membutuhkan penanganan bersama dari seluruh pihak. Baik pemerintah maupun partisipasi masyarakat. Termasuk organisasi pengelola zakat. Baznas yang menjadi koordinator lembaga zakat nasional, memiliki tanggung jawab membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

"Karena bencana yang datang tanpa memandang kemampuan ekonomi dan status sosial, selalu berpotensi menimbulkan masalah kemiskinan baru. Apalagi bagi warga yang sebelum bencanapun memiliki kemampuan ekonomi yang lemah, akan makin menderita dengan bencana ini," kata Bambang.

Berita Terkait : Banjir, Sejumlah Bus Trans Jakarta Tak Beroperasi, Rute Dialihkan

Banjir pada tahun baru 2020 ini memiliki sebaran yang luas dengan dampak kerugian dan korban jiwa yang tidak sedikit. Sehingga Baznas terus menggerakkan partisipasi masyarakat untuk turut serta membantu korban, baik dengan doa, tenaga maupun materi.

Melalui donasi masyarakat, Baznas terus membantu warga terdampak banjir melalui program penanganan baik pada masa tanggap darurat maupun masa pemulihan. Saat ini tim berfokus pada bantuan dasar, air bersih dan dukungan psikososial.

Berita Terkait : Gandeng Pemprov, Baznas DKI Serahkan Kunci 402 Rumah Du’afa

Baznas juga membuka layanan tambahan seperti servis dan cuci motor gratis di posko pengungsian, agar kendaraan warga yang ikut terdampak dapat digunakan untuk mencari nafkah kembali. Sejak banjir melanda, Baznas telah membantu evakuasi sedikitnya di 10 titik Jabodetabek, melayani pengungsi di titik pengungsian dengan mendirikan 13 dapur umum dan dapur air. [KRS]