Hujan Lebat Diprediksi Sampai 29 Januari, 5 Provinsi Berstatus Siaga Banjir

Banjir di ruas Jalan Raya Ciledug, Cipulir, Jakarta Selatan, 1 Januari 2020. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Klik untuk perbesar
Banjir di ruas Jalan Raya Ciledug, Cipulir, Jakarta Selatan, 1 Januari 2020. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia Selatan Lampung, akan terbentuk pada tanggal 24-26 Januari 2020. Sirkulasi siklonik ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin  di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil, akan menyebabkan massa udara lembap dari lapisan bawah, dapat terangkat dengan mudah ke atmosfer.

"Kedua faktor ini berpotensi meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," ujar Deputi Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/1).

Berita Terkait : Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa M 6,7

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas kebat yang dapat disertai kilat/petir, berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut:

Periode 24-26 Januari 2020 :

Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi,  Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung,  Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta,  Jawa Timur, Kalimantan Barat,  Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat,  Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Periode 27-29 Januari 2020 :

Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, BMKG memprediksi lima provinsi berstatus SIAGA banjir/genangan pada 24-25 Januari 2020. Lima daerah tersebut adalah:

  1. DKI Jakarta (SIAGA)
  2. Jawa Barat (SIAGA)
  3. Jawa Tengah (SIAGA)
  4. Sulawesi Tengah (SIAGA)
  5. Sulawesi Barat (SIAGA)

Baca Juga : Sejumlah Wilayah Di Indonesia Rentan Rawan Pangan

"Masyarakat diminta agar tetap waspada, dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," tutur Mulyono.

BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam,  melalui Call Center 021-6546315/18, situs http://www.bmkg.go.id, media sosial @infoBMKG; aplikasi iOS dan android “Info BMKG". Atau bisa juga menghubungi Kantor BMKG terdekat. [SRI]