Indriyanto: Kehadiran Hasto ke KPK Bentuk Penghormatan PDIP pada Hukum

Indriyanto Seno Adji (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Indriyanto Seno Adji (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap terhadap mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, Jumat (24/1). Menanggapi hal itu, pakar hukum pidana Indriyanto Seno Adji menilai, kehadiran Hasto itu sebagai contoh baik dari warga negara dan pengurus partai yang menghormati dan taat hukum pada kelembagaan KPK.      

"Kehadiran dan kedatangan Sekjen PDIP adalah bentuk penghormatan dan penghargaan PDIP kepada kelembagaan KPK sebagai institusi penegak hukum. Kehadiran ini contoh yang baik warga negara dan taat hukum," kata Indriyanto, kepada wartawan, Jumat (24/1).      

Berita Terkait : Saat ini... Biarkan Saja Hasto Tersenyum Lebar

Menurut mantan komisioner KPK itu, proses pemeriksaan saksi merupakan sesuatu hal yang wajar. Karena ini bagian prinsip menghargai penegakan hukum yang sedang dijalankan KPK. "Kedatangan untuk pemeriksaannya, patut diapresiasi mengingat yang bersangkutan ini adalah figur publik yang jadi representasi parpol," tegasnya.  

Hasto datang memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik KPK pagi hari tadi. Dalam kesempatan itu, ia menyatakan siap memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga negara untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi dalam kasus suap dengan tersangka mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, dan kader PDIP, Harun Masuki.      

Berita Terkait : Rully Nere Cs Bentuk Komunitas Percepatan Pembagunan Persepakbolaan

"Hari ini saya memenuhi tanggung jawab warga negara dalam menjaga marwah KPK. Memenuhi undangan untuk hadir sebagai saksi," kata Hasto, di Gedung KPK, Jumat pagi (24/1).      

Hasto enggan banyak komentar terkait pemeriksaannya hari ini. Ia berjanji, akan memberikan keterangan kepada awak media setelah rampung menjalani pemeriksaan. "Keterangan pers akan saya sampaikan setelah pemeriksaan tersebut," katanya. [USU]