Marak Kasus New Coronavirus

Mulai Hari Ini, Warga Asing Yang Datang Dari China, Tak Boleh Masuk Australia

PM Australia Scott Morrison (Foto: Getty Images)
Klik untuk perbesar
PM Australia Scott Morrison (Foto: Getty Images)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menegaskan, pihaknya akan melarang semua warga negara asing yang datang dari China daratan, untuk memasuki wilayah negaranya - baik langsung ataupun transit - terhitung Sabtu (1/2) ini.

Warga Australia dan mereka yang sudah berstatus permanent resident dikecualikan dari larangan ini. Hanya saja, mereka wajib menjalani karantina selama 14 hari untuk memastikan tidak terjangkit virus Corona Wuhan.

Keputusan itu diambil Morrison, menyusul maraknya wabah virus Corona Wuhan yang telah menyebabkan 259 warga China daratan meninggal dunia, dalam 11.943 kasus global.

Berita Terkait : China Minta Australia Longgarkan Aturan Soal Pembatasan Pelancong

Morrison juga menyatakan, pihaknya telah menerbitkan travel warning bagi warganya, untuk tidak melakukan perjalanan ke China.

"Kami melakukan semua ini, dengan penuh kehati-hatian. Hal ini kami lakukan, supaya warga Australia bisa menjalani aktivitasnya dengan tenang," ujar Morrison kepada wartawan di Sydney, seperti dilansir South China Morning Post, Sabtu (1/2).

Hingga kini, telah terdata 10 kasus new coronavirus di Australia, dan tidak dilaporkan adanya angka kematian dalam kasus tersebut.

Berita Terkait : Salah Satu Kena Coronavirus, 300 Pegawai DBS Bank Singapura Langsung Kosongkan Kantor

Terkait hal ini, untuk sementara waktu, maskapai penerbangan Qantas Airways dan Air New Zealand telah menyetop penerbangan ke China daratan.

Sementara maskapai penerbangan langsung dari Sydney ke Beijing dan dari Sydney ke Shanghai akan disetop mulai 9 Februari sampai 29 Maret 2020.

Seperti halnya Australia, Singapura dan Amerika Serikat telah melakukan langkah yang sama untuk memproteksi warganya dari ancaman virus Corona Wuhan.

Berita Terkait : Masa Inkubasi New Coronavirus Ternyata 24 Hari, Bukan 14

Selain melarang setiap warga asing yang datang dari China daratan, mereka juga mengambil kebijakan karantina 14 hari terhadap warganya yang baru pulang bepergian dari Negeri Tirai Bambu. [HES]