RMco.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dimulai. Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memancangkan tiang pertama sebagai penanda dimulainya pembangunan, Sabtu (22/2).

“Terima kasih kepada semuanya yang hadir dan saya mohon doa restu agar pembangunan museum ini bermanfaat bagi semuanya,” ujar SBY.

Pemancangan dilakukan secara simbolis dengan menekan sirine yang kemudian diikuti dimasukkannya tiang ke tanah di atas bangunan museum.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, kata dia, dipersembahkan untuk rakyat Indonesia, terutama para generasi masa kini serta masa mendatang.

Baca Juga : Menristek: Pandemi Membawa Berkah Bagi Kemajuan Riset Dan Teknologi Indonesia

“Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada semua rakyat yang mendoakan terwujudnya pembangunan museum dan galeri seni ini,” katanya.

SBY mengaku mendapat inspirasi dari museum-museum yang pernah dikunjungi, baik di dalam maupun luar negeri, terutama Museum Bung Karno di Blitar.

“Saya dan almarhumah istri, Bu Ani Yudhoyono, sudah sangat ingin memiliki museum yang bermanfaat untuk banyak orang. Semoga kehadiran museum ini diridhoi Allah SWT,” kata SBY.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan dan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektare. Total bangunannya mencapai 7.500 meter persegi.

Baca Juga : Serikat Buruh Dukung Sugianto-Edy Di Pilgub Kalteng

Konsep bangunannya terdiri dari bagian museum kepresidenan SBY, mulai pendidikan di militer hingga diangkat menjadi presiden serta bagian lainnya terdapat galeri seni Ani Yudhoyono.

SBY didampingi kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta istri, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) beserta istri, serta keluarga besar SBY.

Turut hadir pada groundbreaking tersebut mantan Wakil Presiden Boediono yang juga pendamping SBY di periode 2009-2014, anggota Wantimpres Soekarwo, mantan Menko Perekonomian sekaligus besan SBY, Hatta Radjasa dan Pemilik CT Corp Chairul Tanjung, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Pacitan Indartato dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid I maupun II.

Tak itu saja, pengurus dan kader Partai Demokrat dari pusat maupun daerah juga hadir, termasuk dari Jawa Timur yang dipimpin Plt Ketua DPD Partai Demokrat Renville Antonio.

Baca Juga : Desa Pancasila Perkuat Pondasi Ekonomi Nasional

Pada kesempatan tersebut juga diputar film dokumenter persembahan dari The Yudhoyono Institute yang mengisahkan SBY saat menjabat Presiden selama dua periode, 2004-2009 dan 2009-2014. [WHY]