Hasil Survei, Sandi Mulai Pepet Prabowo dan Anies

Tingkat elektabilitas hasil survei Median. (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Tingkat elektabilitas hasil survei Median. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei terbaru Media Survei Nasional (Median) menunjukkan hal menarik. Elektabilitas Sandiaga Uno terlihat terus naik. Sandi kini ada di tiga besar di bawah Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.      

Dalam survei tingkat elektabilitas tertutup, Prabowo masih menempati urutan teratas. "Tingkat popularitas Prabowo Subianto 93,6 persen. Sedangkan tingkat elektabilitas tertutupnya 18,8 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun saat diskusi 'Kuda Hitam Capres 2024 dan Persepsi Publik atas Dinamika Sosial Politik Pasca 100 Hari Jokowi-Ma'ruf', di kawasan Jakarta Pusat, Senin (24/2).        

Survei Median dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden dengan margin of error ± 2,8 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional, serta dilakukan pada pekan I-II Februari 2020.          

Berita Terkait : Sri Mulyani Percepat Penyaluran Dana Desa

Berdasarkan konfigurasi elektabilitas per teritorial, Rico mengatakan, Prabowo unggul di Banten-DKI Jakarta (34,7 persen); Jawa Barat (25,5 persen); serta NTB-NTT-Sulawesi dan Indonesia Timur (20,6 persen). Prabowo unggul di sejumlah pemilih partai besar, seperti Gerindra, Golkar, PPP, dan PAN. "Empat besar alasan publik memilih Prabowo antara lain tegas, berwibawa, berani dan mampu memimpin," ujarnya.        

Rico mengatakan, dukungan terhadap Prabowo juga berdasarkan andil gerakan 212. Dari 28,8 persen responden yang menyukai gerakan 212, sebagian besar mendukung Prabowo (25,5 persen). Dari instrumen ini, Prabowo hanya kalah dari Anies yang memperoleh 27,4 persen.

Di bawah Prabowo, empat besar nama kandidat calon presiden 2024 terkuat adalah Anies dengan tingkat elektabilitas tertutup (15,8 persen); Sandiaga Uno (9,6 persen); Agus Harimurti Yudhoyono (8,3 persen); dan Ridwan Kamil (5,7 persen).        

Berita Terkait : Perkuat Diplomasi Pertahanan, Prabowo Kunjungan Kerja Ke Abu Dhabi

Anies unggul atas Prabowo di Kalimantan (30,8 persen) dan Sumatera (27,2 persen). Dari partai yang lolos elektoral treshold, Anies hanya unggul di pemilih PKS dengan 51,7 persen.        

Rico menuturkan, Anies mendapat banyak suara di generasi Z (17-25 tahun) dan generasi milenial (26-39 tahun). "Tiga alasan publik memilih Anies adalah religius dan dekat dengan agama, cerdas dan pintar, serta tutur kata bagus," katanya.        

Sementara posisi ke-6 hingga 10 kandidat capres diisi Ganjar Pranowo (5,5 persen); Khofifah Indar Parawansa (5,4 persen); Tri Rismaharini (3,3 persen); Mahfud MD (3,3 persen); dan Gatot Nurmantyo (1,6 persen). [EDY]