Mantap Nih! Beragam Mainan Bertabur Diskon Di The Jakarta Toys

Ajang Pameran The Jakarta Toys digelar di Balai Kartini Jakarta, Sabtu 29-1 Maret 2020.
Klik untuk perbesar
Ajang Pameran The Jakarta Toys digelar di Balai Kartini Jakarta, Sabtu 29-1 Maret 2020.

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kabar gembira bagi mereka yang gemar mengoleksi mainan action figure atau diecast. Ini waktu yang tepat untuk berburu diskon mainan di pameran The Jakarta Toys & Comics di Balai Kartini. 

Ada banyak diskon dari berbagai macam jenis mainan termasuk barang yang limited edition. Pameran The Jakarta Toys & Comics digelar mulai Sabtu (29/2) hingga 1 Maret, 2020.

Ketua Panitia sekaligus Penggagas dari Sacca Production Riza Satyagraha, menyebut harga yang ditawarkan dalam pameran juga bervariasi.

Mayoritas mainan jenis action figure atau diecast ditawarkan diskon oleh pihak penjual atau merchant.  Harganya pun bervariasi. Dia bilang harga yang ditawarkan mulai gocengan alias Rp 5.000 hingga puluhan juta.

"Kalau diskon hampir semua ya, tapi ada beberapa merchant yang memberikan diskon hingga 90 persen. Jadi harga mainan yang dijual mulai Rp 5.000," katanya kepada Rakyat Merdeka di Jakarta.

Baca Juga : PM Malaysia Pengganti Mahathir: Ayah Bugis, Ibu Jawa

Jenis produk yang ditampilkan pada event ini yaitu: toys, action figures, comics, anime, manga, lego, model kits, model cars, die cast models & toys, tin toys, vinyl toys, designer toys, air soft gun, card games, statues, cosplay stuffs, costume toys dan lain-lain.

Riza mengungkapkan ada perbedaan pada event sekarang dibanding tahun sebelumnya.  Dia bilang, dalam gelaran yang ke 16 ini lebih banyak peserta pameran atau merchant. 

"Ada lebih dari 250 peserta. Yang bergabung di event kali ini sekitar 300 stand peserta," ujar Riza.

Perbedaan lainnya Sacca Production bekerjasama dengan Tokopedia, untuk memberikan kredit kepada pengguna aplikasi e-commerce tersebut.

Dijelaskan, sebagian merchant selain menjajakan barang di Pameran The Jakarta  Toys & Comics juga menjualnya di Tokopedia. 

Baca Juga : Hari Ini, Persija Tarung Lawan Borneo FC di Shopee Liga 1

"Jadi mainan yang dijual disini sebagian tersedia juga di Tokopedia. Nah, pembeli yang ingin membeli barang di acara ini bisa mendapatkan fasilitas kredit yang disediakan Tokopedia," jelasnya. 

Lebih jauh dia juga menjelaskan, tujuan dari event The Jakarta Toys & Comics Fair adalah sebagai wadah dari komunitas para kolektor dan penggemar toys, comics dan collectibles di Indonesia. Sehingga mereka dapat berkumpul, bertukar informasi, dan bertransaksi trade-buy-sell di seputar hobi ini. 

"Sekaligus merupakan ajang untuk memperkenalkan kepada publik secara umum seputar hobi ini, serta sebagai wadah dari para produsen dan distributor mainan lokal, maupun internasional untuk memperkenalkan produk-produk dalam bentuk prototype maupun yang akan launching," paparnya.

"Tapi yang pasti ini sebagai ajang transaksi penjualan dan cuci gudang dari produk mereka yang off-season," imbuhnya.

Adapun tiket pre-sale online seharga IDR 50.000 (on the spot HTM IDR 60.000) hanya melalui Tokopedia.com.

Baca Juga : Gegara Corona, Son Dikarantina

Dia juga mengungkapkan pada event kali ini tarif sewa booth mulai Rp 3 jutaan sampai Rp 5 jutaan, tergantung ukuran nanti mereka bisa dagang selama dua hari.

Menurutnya, Dari harga tersebut, banyak merchant yang akhirnya bisa meraup pendapatan lumayan.  "Diprediksi booth kecil dapat pendapatan mulai Rp 10 juta hingga Rp 100 jutaan.  Untuk yang besar bisa mendapatkan sampai pendapatan miliaran," katanya.

Di area pameran nampak barang-barang langka. Meski penyelenggara mengaku telah menghimbau para peserta pameran untuk menjual produk original tapi masih ditemukan beberapa produk non ori, masyarakat biasa menyebutnya barang kwalitas alias KW 1, KW 2, bootleg, ataupun recast.

Tapi mayoritas yang dijajakan memang produk original dengan harga yang dibanderol di bawah harga standar. [JAR]