RMco.id  Rakyat Merdeka - Sejauh ini, kinerja Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam memimpin Korp Adhyaksa menunjukkan kemajuan berarti dan harus diapresiasi. Di antara prestasi ST Burhanuddin itu adalah membongkar kasus dugaan mega-korupsi Jiwasraya dan Asabri.  

"Ini sangat berani dan cepat," kata pakar hukum tata negara, Margarito Kamis, terkait dengan kinerja Jaksa Agung dalam 4 bulan kerja.        

Berita Terkait : Jaksa Agung Dinilai Punya Komitmen Baik Kawal Program PEN

Menurut Margarito, membongkar kasus Jiwasraya dan Askabri tidaklah mudah. Sebab, orang-orang yang ditersangkakan bukan orang biasa. Namun, orang-orang yang pasti memiliki kekuatan ekonomi, politik dan lainn sebagainya.         

"Dalam hal ini kejaksaan berani. Maka, Kejagung hari ini harus di apresiasi," kata Margarito, sambil mengatakan bahwa langkah ST Burhanuddin ini lebih baik dari Jaksa Agung sebelumnya.        

Berita Terkait : KPK Harusnya Iri dan Malu

Hal senada disampaikan praktisi dan pengamat hukum, Victor Santoso Tandiasa. Menurut Victor, langkah Kejaksaan Agung dalam membongkar kasus Jiwasraya dan Askabri menjadi momentum Kejagung untuk memupuk kembali kepercayaan publik. "Langkah berani kejagung hari ini harus di apresiasi, sebagai lembaga penegak hukum primer," ucap Victor. [USU]