Dua Korban Virus Corona Dirawat Di RSPI Sulianti Saroso

Tangkapan layar TV, Menkes Terawan Agus Putranto memberi keterangan pers soal virus Corona, Senin (2/3). (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Tangkapan layar TV, Menkes Terawan Agus Putranto memberi keterangan pers soal virus Corona, Senin (2/3). (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan, dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus Corona saat ini dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. "

"Di ruang khusus, yang tidak terkontak dengan yang lain," ujar Terawan di Istana Negara, Senin (2/3).

Eks Kepala RSPAD Gatot Subroto ini menjelaskan, dua orang yang merupakan ibu dan anak berusia 64 dan 31 tahun ini terkena virus corona di Jakarta. Sementara keduanya adalah warga Depok.

Berita Terkait : Repot Gegara Corona, Lima Laga Seri A Ditunda

"Rumahnya dicek, ibu dan anak, 64 dan 31 tahun. Terkenanya di Jakarta. (Rumah) daerah Depok," imbuhnya.

Tim Kemenkes sendiri langsung melakukan pemeriksaan terhadap keduanya pada Minggu (1/3) Maret lalu.

"Satu Maret. Kita sudah dengar berita. Kita langsung lakukan pemeriksaan. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Dibandingkan kita mengacu… Karena tidak mungkin," tandasnya.

Berita Terkait : Virus Corona Telah Renggut 6 Nyawa Warga Jepang

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona. Menurut Jokowi, dua WNI itu tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Warga Jepang itu terdeteksi mengidap virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Tim Kemenkes pun melakukan penelusuran, di Indonesia, orang Jepang ini menemui siapa.

"Ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," beber Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3).

Berita Terkait : Qatar Laporkan Kasus Pertama Virus Corona, Korbannya Baru Balik Dari Iran

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," imbuhnya.

Jokowi memastikan, pemerintah sudah sangat siap menghadapinya. "Pemerintah dari awal sudah siap. Kami punya rumah sakit, peralatan, dan SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada," ungkapnya.

Lebih dari 100 rumah sakit telah disiapkan. "Kita juga miliki anggaran dan sudah diprioritaskan. Karena kalau tidak serius, ini sangat berbahaya karena penyakit ini perlu kita waspadai," tandasnya. [OKT]