Dua Pasien Terinfeksi Corona Berangsur Pulih

Ilustrasi virus corona. (Foto: Shutter Stock)
Klik untuk perbesar
Ilustrasi virus corona. (Foto: Shutter Stock)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dua orang WNI yang positif terinfeksi virus corona berangsur pulih. Keduanya sudah tak sesak nafas lagi.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Achmad Yurianto di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/3).

Berita Terkait : Kemenkes: Info 6 Kota Zona Kuning Corona Hoaks

”Tidak menggunakan selang oksigen karena memang tidak sesak, tidak memerlukan infus karena memang tidak ada kedaruratan, dan kemudian keluhan terakhir ini hanya msih batuk, tidak panas sama sekali. Ini yang kondisi fisiknya,” ujar juru bicara terkait penanganan wabah virus corona.

Sementara dari hasil tracking yang dikakukan terhadap kakak dan pembantunya, hasilnya negatif. Kemenkes juga akan tracking teman-temannya yang ikut pesta dansa. Jumlahnya kurang lebih 50 orang yang berasal dari beberapa negara.

Berita Terkait : Belum Ada Pengobatan Virus Corona Yang Terbukti Secara Ilmiah

Menurut dia, pada hari ini sudah dilakukan pemeriksaan untuk 155 spesimen, di antaranya ada dua yang positif yang kemarin itu. Ia menambahkan bahwa masih ada dua yang belum selesai diperiksa karena memang spesimennya juga baru masuk, yang lain-lainnya negatif. 

”Ini berasal dari 44 rumah sakit di 23 provinsi,” ujarnya.

Berita Terkait : Jepang Catat Kematian Pertama Pasien Terdeteksi Coronavirus

Merekalah, sambung Achmad, yang kemudian dipantau terus-menerus pergerakannya dengan menggunakan data yang disampaikan ke pemerintah yang kemudian akan dicek manakala ada yang sakit dengan gejala mengarah ke influenza berat, maka kelompok ini dimasukkan ke dalam pasien dalam pengawasan (PDP). 

”PDP inilah yang kemudian kita periksa spesimennya. Jadi PDP inilah yang data terakhir kita mengatakan 155 orang itu. Sekarang masih berjalan terus,” imbuhnya. [DIT]