TNI AU Lanud Maimum Saleh Gelar Sosialisasi Aturan Drone

Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan bersama tim saat sosialisasi regulasi drone di Sabang, Aceh. (Foto : Istimewa)
Klik untuk perbesar
Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan bersama tim saat sosialisasi regulasi drone di Sabang, Aceh. (Foto : Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - TNI AU di Lanud Maimun Saleh menggelar sosilalisasi regulasi pengoperasian pesawat tanpa awak (drone) untuk Wilayah Sabang, Provinsi Aceh. Diharapkan masyarakat memahami aturan penggunaan drone.

Dijelaskan Komandan Lanud Maimun Saleh, Letkol Pnb Yudha Irawan sosialisasi regulasi penggunaan drone sangat penting. Sebab drone memiliki manfaat banyak, tapi juga bisa digunakan untuk aksi kriminalitas, terorisme dan mengirimkan narkoba.

"Ini bisa jadi ncaman bagi negara kita khususnya daerah Sabang ini. Sehingga kegiatan sosialisasi regulasi menjadi penting," kata Yudha Irawan di ruang rapat Mako Lanud Maimun Saleh, Rabu (4/3) dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga : Resmikan Kantor Wilayah I Bekasi, BTN Bidik Pertumbuhan Kredit 10 Persen

Kadisops Lanud Maimun Mayor Lek Jamung Barkah menjelaskan dalam dunia penerbangan drone sudah mulai ditata dengan keluarnya Permenhub 163/2015 CASR (Civilization Air Safety Regulation), part 107 terkait sertifikasi, registrasi dan pengoperasian sistem pesawat tanpa awak kecil.

"Didalamnya berisi aturan bahwa penerbangan drone kecil dibagi 2 yakni drone komersial dan drone rekreasi/hiburan," ucap Lek Jamung Barkah.

Lebih lanjut Kasubsipotdirga Kapten Sus Wawi Unang mengatakan, saat ini, seorang  pilot drone harus mempunyai lisensi dan mempunyai izin.

Baca Juga : Meski Mundur, Bloomberg Masih Ancaman Bagi Trump

"Peraturan tersebut telah ditetapkan, jadi apabila ada masyarakat Sabang ada yang mengoperasikan atau menggunakan drone harus memiliki izin dari TNI Angkatan Udara setempat," katanya.

Harapannya, masyarakat memahami regulasi penggunaan drone dan bisa mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan untuk mengamankan keamanan wilayah udara, khususnya di wilayah Sabang.

Ke depan, tambah Sus Wawi, seluruh pengguna drone yang ada di Sabang akan dibentuk sistem pembinaan dan pengawasan drone, guna mengembangkan kemampuan territorial potensi kedirgantaraan TNI AU.

Baca Juga : Gelar Speed Mentoring Untuk Perempuan Muda

Hadir dalam sosialisasi tersebut instansi terkait TNI, POLRI Kota Sabang, Dinas Perhubungan, UPBU (Unit Penyelenggara Bandar Udara) Maimun Saleh, Kadisparbud, BPKS, Kejaksaan dan Keucik Cot Bau. [IPL]